Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Cinta Damai Pada Siswa Kelas VII di Smp N 13 Lebong

Kartika, Junita and Taqiyudin, Muhammad and Masudi, Masudi (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Cinta Damai Pada Siswa Kelas VII di Smp N 13 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
KARTIKA JUNITA .pdf

Download (2MB)

Abstract

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA DI SMP N 13 LEBONG ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ditemukan permasalahan yaitu perbedaan selalu menimbulkan masalah, bahkan masih ada beberapa yang melakukan tauran antar pelajar, siswa sering berkelahi sesama teman, siswa mulai berkata kasar, siswa mulai membantah dan melawan guru, siswa tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya, siswa keras kepala dan lebih mementingkan diri pribadi, dan siswa lebih suka bermain daripada mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menananmkan nilai-nilai karakter cinta damai pada siswa kelas VII di SMP N 13 Lebong. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif . Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dengan subyek data utama guru PAI dan siswa. Lokasi penelitian adalah: SMP N 13 Lebong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah, observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah ialah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian: Pertama, nilai-nilai karakter cinta damai siswa di SMP N 13 Lebong adalah siswa memiliki sikap yang kurang ramah siswa yang tidak mau berteman dengan siapapun dan berkata tidak sopan, tidak menghargai perbedaan , siswa memiliki sikap yang tidak bertanggung jawab, tidak menciptakan suasana kelas yang harmonis dan kondusif. Kedua, Strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter cinta damai pada siswa dengan cara guru sebagai Tauladan, penanaman nilai-nailai karakter cinta damai, pembiasaan, pengkondisian kelas, dan integritas. Agar siswa mengerti bahwa sebagai manusia biasa kita harus berprilaku yang baik dan kita hidup didunia ini hanya sementara. Sebagai seorang guru juga harus menjadi tauladan bagi siswa-siswi yang baik. Ketiga, faktor pendukung dalam penananaman nilai-nilai karakter cinta damai adalah faktor Keluarga, Faktor sekolahan, faktor lingkungan dan faktor penghambat adalah: faktor diri sendiri, dan lingkungan. Kata kunci: Strategi, Guru, Karakter Cinta Damai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kartika, Junitajunitakartikalebong@gmail.com
Taqiyudin, MuhammadUNSPECIFIED
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:23
Last Modified: 27 Jul 2023 02:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item