Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan Di Ma’had Al-Jami’ah Stain Curup (Studi Kasus Santri Semester Vii Lokal A)

Ruchiana, Dwitia (2016) Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Surat-Surat Pilihan Di Ma’had Al-Jami’ah Stain Curup (Studi Kasus Santri Semester Vii Lokal A). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PROBLEMATIKA SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT-SURAT PILIHAN DI MA’HAD AL-JAMI’AH STAIN CURUP (Studi Kasus Santri S~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah mukjizat yang wajib dibaca, dipelajari serta diamalkan dalam kehidupan. Membaca Al-Qur’an dinilai sebagai ibadah, dan menghafalnya akan mendapatkan keistimewaan disisi Allah SWT. Oleh karena itu Ma’had Al-Jami’ah yakni lembaga pendidikan dibawah naungan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup menargetkan mahasiswa yang tinggal di asrama untuk menghafal Al-Qur’an Surat-surat pilihan yakni: : surat Juz ‘Amma, Al-Mulk, As-Sajadah, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah dan Yasin. Yang pelaksanaannya dilakukan ba’da maghrib sampai dengan isya’, yang mana dalam pelaksanaan tersebut terdapat berbagai problematika yang dialami oleh santri semester VII lokal A, yaitu mulai dari problematika pelaksanaanya dari tujuan, materi, metode dan evaluasi serta kemampuan santri yang bervariasi dalam menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Apa saja problematika internal dan eksternal santri dalam menghafal Al-Qur’an surat-surat pilihan, (2) Apa tujuan, materi, metode, dan evaluasi Ma’had Al-Jami’ah STAIN Curup terhadap pelaksanaan menghafal Al-Qur’an surat-surat pilihan. Penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan data yang diperoleh kemudian dianalisa serta diambil kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa problematika internal dan eksternal santri dalam menghafal Al-Qur’an surat-surat pilihan yaitu lupa, tidak sabar, semangat yang lemah, berpacaran, pengulangan yang sedikit, ayat-ayat yang mirip dan lain sebagainya. Adapun tujuan, materi, metode dan evaluasinya yaitu mendidik santri agar dapat membaca Al-Qur’an sesuai makhraj dan tajwidnya, yang mana materinya cara bacaan, isi dan makna ayat yang dihafal dengan menggunakan metode jibril dan takrir yang evaluasinya dilaksanakan pada akhir semester dengan hasil yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ruchiana, DwitiaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
RecipientAsha, LukmanUNSPECIFIED
ReviewerFebriyarni, BusroUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Santri; Mengahafal Al-qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:25
Last Modified: 25 Oct 2019 04:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item