Strategi Pemasaran Baitul Mal Wat Tamwil (Bmt) Pat Sepakat Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syari’ah IAIN Curup

Wulandari, Susita (2019) Strategi Pemasaran Baitul Mal Wat Tamwil (Bmt) Pat Sepakat Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syari’ah IAIN Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Susita Wulandari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Baitul Mal wat Tamwil (BMT), yaitu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang berorientasi bisnis juga sosial dan beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syari’ah. Strategi pemasaran (Marketing Mix) juga dilakukan oleh BMT Pat Sepakat dengan berbagai inovasi untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah dan untuk bersaing dengan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pemasaran (Product, Price, Place dan Promotion) BMT Pat Sepakat terhadap minat menabung mahasiswa perbankan syariah IAIN Curup. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui kuesioner menggunakan teknik Sampling Random (acak). Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 15.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Product, Price, Place dan Promotion terhadap minat menabung. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung semua variabel lebih besar dari nilai ttabel. Dominan yang mempengaruhi adalah promotion karena nilai koefisiannya lebih besar dari semua variabel yaitu sebesar 0,274. Hasil penelitian ini juga menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Product, Price, Place dan Promotion secara simultan (bersama-sama) terhadap minat menabung, yang dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menginformasikan bahwa strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan dan menjadi faktor penting bagi minat menabung di BMT Pat Sepakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari, SusitaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerIstan, MuhammadUNSPECIFIED
ReviewerNoprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; minat dan BMT Pat Sepakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:24
Last Modified: 25 Oct 2019 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item