Pengelolaan Layanan Sirkulasi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Sma Negeri Purwodadi

Hanifah, Siti Nur and Gunawan, Guntur and Marleni, Marleni (2023) Pengelolaan Layanan Sirkulasi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Sma Negeri Purwodadi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FIKS SKRIPSI LENGAKAPPPPP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegelolaan layanan sirkulasi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka di perpustakaan SMA Negeri Purwodadi dan untuk mengidentifikasi hambatannya. Dalam membantu tercapainya tujuan tersebut perpustakaan memerlukan pengelolaan layanan yang baik sehingga meningkatkan minat kunjung pemustaka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staf layanan pemustaka (sirkulasi) dan pemustaka (siswa). Data yang telah di himpun kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi terhadap data yang telah diperoleh dari informan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa pengelolaan layanan sirkulasi dalam meningkatkan minat kunjung meliputi: perencanaan melalui analisis kebutuhan dan program kerja, sarana prasarana, koleksi. Penentuan sistem layanan terbuka, penggunaan aplikasi Inlislite, pemberian reward, penggunaan scan barcode. Pengorganisasian dilakukan pada pembagian tugas dengan menempatkan satu orang staf di layanan sirkulasi. Pelaksanaan layanan sirkulasi meliputi kegiatan keanggotaan, peminjaman, pengembalian, penagihan, sanksi, bebas pinjam dan statistik. Pengawasan dilakukan setiap bulan dan tahunan dengan mengawasi seluruh kegiatan layanan sirkulasi. Dari pengawasan maka diketahui minat kunjung dalam 2 tahun terakhir mengalami peningkatan. Hambatan yang ditemukan berupa perlunya penambahan jumlah koleksi per judul, pengelola layanan sirkulasi, sarana prasarana belum digunakannya scan barcode yang sudah ada pada kegiatan peminjaman dan pengembalian sehingga masih dilakukan secara manual di tulis tangan dan seringnya keterlambatan siswa mengembalikan buku yang dipinjam. Kata Kunci: Pengelolaan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Minat Kunjung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hanifah, Siti Nursitinurhanifah957@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Marleni, Marlenimarleni@iaincurup.ac.id
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:39
Last Modified: 23 Jun 2023 03:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item