Tamala, Silvi (2019) Study Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Guru Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lebong Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
STUDY EVALUATIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MADRASAH ALIYAH SE KABUP~1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Guru Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lebong Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan model CIPP. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi terhadap conteks pelaksanaan pembelajaran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist? 2) Bagaimana evaluasi terhadap input pelaksanaan pembelajaran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist? 3) Bagaimana evaluasi terhadap proses pelaksanaan pembelajaran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist? dan, 4) Bagaimana evaluasi terhadap produk (hasil) pelaksanaan pembelajaran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitin ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru mata pelajaran AlQur’an Hadist , dan Sample Random dari siswa kelas X, XI, dan XII. Data dikumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Se Kabupaaten Lebong tentang evaluasi pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan model CIPP, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Evaluasi terhadap konteks pelaksanaan pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Se-Kabupaten lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menunjukan bahwa secara menyeluruh di lingkungan Madrasah sangat baik terutama konteks guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sendiri karena sesuai standar kualitas guru tersebut. Penyusunan program pembelajaran juga dilaksanakan dengan musyawarah melalui dewan guru. Setiap guru yang mengampu mata pelajaran ditugaskan untuk menyusun terlebih dahulu program mata pelajarannya dalam bentuk silabus, kemudian dibahas dalam rapat dewan guru. Adapun kurikulum yang digunakan mengacu kepada Kurikulum vii 2013.Evaluasi terhadap input pelaksanaan pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menunjukan bahwa Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lebong memiliki siswa-siswi baru yang sebagian besar sudah lancar membaca Al-Qur’an sehingga dapat mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan baik. 2.Evaluasi terhadap proses pelaksanaan pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah SeKabupaten Lebong pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menunjukan bahwa Proses pembelajaran yang berlangsung di kelas berjalan lancar, dimana guru dalam mengelola kelas dapat mewujudkan suasana pembelajaran semenarik mungkin, sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dapat ditingkatkan. Selain itu, guru juga dalam menanggapi kondisi tertentu yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang mengganggu kondusifitas pembelajaran langsung ditindak oleh guru dengan cara yang bijak.3. Evaluasi terhadap produk (hasil) pelaksanaan pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lebong pada mata pelajaran AlQur’an Hadist menunjukan bahwa evaluasi hasil pembelajaran yang berlangsung di MA Se-Kabupaten Lebong dilaksanakan melalui beberapa macam, yaitu; pertama melalui ulangan harian, dimana guru mata pelajaran memberikan tugas harian kepada siswa berbentuk pekerjaan rumah (PR), kedua ulangan MID semester, dimana setiap pertengahan semester dilakukan ujian untuk mengukur ketercapaian pembelajaran selama setengah semester berlangsung, ketiga ujian akhir semester dilakukan pada akhir semester untuk mengukur secara keseluruhan kemampuan siswa setiap mata pelajaran untuk satu semester berlangsung. Selain itu, evaluai dianggap sukses dalam hal ini siswa lulus jika mengikuti program baik secara akademik, berupa hasil belajar maupun non akademis
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Study Evaluatif; Guru PAI; dan Prestasi Belajar | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:24 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:24 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |