Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Perempuan Berjilbab (Studi Kasus Di Desa Tik Jeniak Kecamatan Lebong Selatan)

Kardewa, Reka and Ifnaldi, Ifnaldi and Siswanto, Siswanto (2021) Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Perempuan Berjilbab (Studi Kasus Di Desa Tik Jeniak Kecamatan Lebong Selatan). Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
REKA KARDEWA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak sekali anak perempuan yang sudah baliq namun tidak menutup aurat atau tidak mengenakan jilbab. Walaupun ada sebagaian mereka bersekolah di Sekolah yang berbasis Agama, mereka hanya mengenakan hijabnya hanya disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Peran orang tua dalam mendidik anak perempuan untuk berjilbab. 2) Hambatan dalam mendidik anak perempuan untuk berjilbab. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yaiitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukan bahwa Pertama, Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perempuan untuk Berjilbab yaitu memberikan contoh dan teladan dalam berjilbab, mendoktrin anak tentang jilbab, memberikan pemahaman, membimbing dalam memilih tontonan, mendakwah atau menceramahi anak-anak, memberikan pemahaman akan hijab, memberikan reward atau hadiah. Kedua, Hambatan dalam mendidik Anak Perempuan untuk Berjilbab yaitu anak-anak tidak tertarik untuk memakai jilbab makanya anak sering mengabaikan perintah orang tuannya, teman dan sahabat dan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kardewa, RekaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:19
Last Modified: 21 Aug 2023 02:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3705

Actions (login required)

View Item View Item