Kencana M.S, Dewi and Masudi, Masudi and Wanto, Deri (2021) Pengaruh Keterampilan Baca Al-Qur’an Orang Tua Terhadap Keterampilan Baca Al-Qur’an Anak di Desa Sukarami. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
DEWI KENCANA MAYANG SEGORO.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan membaca Al-Qur’an atau lebih dikenal dengan istilah mengaji merupakan keterampilan penting pada fase awal guna memahami isi kandungan AlQur’an. Orang tua memberikan pengaruh panutan kepada anak-anaknya. Pola tingkah laku ayah dan ibu dalam kebiasaan sehari-hari, cara berfikir dan falsafah hidup mereka pada umumnya menjadi garis pembimbing bagi pola tingkah laku anak. Sehingga sangat besar sekali pengaruhnya dalam pembentukan tingkah laku dan sikap anggota keluarga terutama anak, peranan tersebut dalam mendidik anakanak dan mengajarkan cara membaca Al-Qur’an lebih mendalam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana keterampilan baca Al-Qur’an orang tua?, Bagaimana keterampilan baca Al-Qur’an anak?, Apakah ada pengaruh antara keterampilan baca Al-Qur’an orang tua terhadap keterampilan baca Al-Qur’an anak di desa Sukarami?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket(dengan tes langsung), observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan t test satu sampel dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, Berdasarkan rentang skor keterampilan baca Al-Qur’an orang tua nilai ≤72 berada direntang 72,8 < X ≤ 83,7 berkategori cukup baik dengan nilai 37% dan 11% dikategori baik, 19% dikategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan baca Al-Qur’an orang tua “baik”. Kedua, Berdasarkan rentang skor keterampilan baca Al-Qur’an anak nilai ≤73 berada di rentang 73,0 < X ≤ 82,9 berkategori cukup baik dengan nilai 30% dikategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan baca Al-Qur’an anak “baik”. Ketiga, Dengan df 25 dan taraf kesalahan 5% maka rtabel= 0,396. Dengan demikian bila rhitung lebih besar dari rtabel maka terdapat pengaruh, didapat rhitung= 0,9801 jadi, rhitung= 0,9801 > 0,396 dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y, dengan kata lain Ha diterima yang berarti ada pengaruh keterampilan baca Al-Qur’an orang tua yang baik terhadap keterampilan baca Al-Qur’an anak sebesar 96%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3616 |
Actions (login required)
View Item |