Yanti Khairani, Fitri and Yusro, Ngadri and Putrajaya, Guntur (2021) Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqh Mahasiswa PAI Semester VI Angkatan 2017 IAIN CurupPengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Fiqh Mahasiswa PAI Semester VI Angkatan 2017 IAIN Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Fitri Yanti Khairani (17531054).pdf Download (5MB) |
Abstract
Keadaan di luar prediksi berupa wabah penyakit covid-19 telah membawa perubahan yang mendesak pada sektor pendidikan. Pemerintah menerapkan kebijakan yang menyebabkan pembelajaran konvensional yang mengumpulkan banyak mahasiswa dalam satu ruangan perlu ditinjau ulang pelaksanaannya dengan membentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksanakan selama masa darurat Covid-19 adalah pembelajaran online,yang berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana pembelajaran online pada mahasiswa PAI angkatan 2017, bagaimana hasil belajar fiqh mahasiswa PAI angkatan 2017, seberapa besar " Pengaruh Pembelajaran online Terhadap Hasil belajar fiqh mahasiswa PAI angkatan 2017 semester VI IAIN Curup”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online mahasiswa PAI, untuk mengetahui hasil belajar fiqh mahasiswa PAI. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester VI IAIN Curup yang berjumlah 155 mahasiswa. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 101 dengan tehnik proporsional random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: Pertama, Pembelajaran online mahasiswa PAI semester VI angkatan 2017 IAIN Curup dapat dinyatakan baik. Kedua, Hasil belajar fiqh mahasiswa PAI semester VI angkatan 2017 IAIN Curup dapat dinyatakan sangat baik . Ketiga, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh Pembelajaran online hasil belajar fiqh mahasiswa PAI semester VI angkatan 2017 IAIN Curup. Berdasarkan dari perhitungan statistik dengan koefisien product moment dari hasil koefisien korelasi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran online (X) maupun hasil belajar (Y), keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy= 0,589 > rtabel 0,195, ini berarti berpengaruh positif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
View Item |