Fiter, Fiter and Masudi, Masudi and Yanuarti, Eka (2021) Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Amanah Kepada Peserta Didik di SMA Negeri 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Fiter SKRIPSI 2.pdf Download (4MB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam Menanamkan Sikap Amanah Kepada Peserta Didik di SMA Negeri 10 Rejang Lebong, tujuan penelitian untuk Menggambarkan penanaman sikap amanah dalam proses pembelajaran oleh peserta didik di SMA Negeri 10 Rejang Lebong, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan ( field research) dengan menggunanakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, Penyajian data dan conclusion drawing atau verifikation. Selanjutnya Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian amanah yang ditanamkan pada peserta didik berkaitan dengan amanah. Upaya dalam menanamkan amanah dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan cara metode keteladanan, memberikan nasehat dan memberikan hukuman kepada peserta didik. Adapun faktor yang dihadapi dalam menanamkan sikap amanah adalah masih ada peserta didik yang mencontek dalam mengikuti ujian, masih ada peserta didik yang tidak amanah dalam mengerjakan tugas, tidak amanah untuk mengikuti mata pelajaran yang seharusnya di lakukan, masih ada siswa yang sering terlambat, ribut dalam kelas dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3594 |
Actions (login required)
View Item |