Niarti, Titi Syawali
(2019)
Pembelajaran Oleh Guru Olah Raga Di Mis Guppi 12 Lubuk Kembang Rejang Lebong.
Sarjana thesis, IAIN Curup.
Abstract
ang adanya pemahaman untuk menggunakan RPP. Karena menurut saya bapak Peri Irawan S.Pd.I selaku guru olahraga tidak menggunakan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian sosial yang mengumpulkan data dan menganalisis berupa lisan dan tertulis dan perbuatanperbuatan manusia serta peneliti tidak berusaha mengitung dan mengklasifikasi data kualitatif yang diproleh dan dengan demikian tidak menganalisis angka-angka. bisa dikatakan dalam penelitian ini menggambakan fenomena secara detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) RPP yang digunakan adalah Kurikulum terbaru atau K13 setiap melakukan suatu proses pembelajaran diharuskan menggunakan program atau rencana pelaksanaan pembelajaran RPP karena didalam RPP sudah tercantum dan tersusun urutan apa saja yang akan kita lakukan pada saat mengajar. 2)pemahaan guru terhadap penggunaan RPP ialah sebenarnya guru olahraga lebih kurang sudah paham terhadap RPP tersebut akan tetapi dalam penggunaan RPP tersebut memang jarang sekali dignakan oleh beliau dan dari hasil wawancara tersebut bisa saya tarik kesimpulan karena jarang menggunakan RPP lambat laun pemahaman beliau kurang terhadap RPP tersebut dan dari kurangnya penggunaan RPP. 3) dampak penggunaan RPP oleh guru olahraga, pemahaman beliau terhadap RPP akan berkurang dan berdampak juga terhadap anak murid beliau yang beliau ajarkan karena materi dan pembelajaran yang beliau terima akan kurang maksimal. 4) upaya sekolah untk mendisiplinkan guru mengguakan RPP, bahwa dalam posisi seperti ini, pihak sekolah dan kepala sekolah dituntut untuk bersikap tegas dalam menyikapi hal ini dan dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menerapkan mutu di sekolah. Masalah peningkatan mutu di sekolah tidak dapat dilakukan dengan secara cepat tetapi bisa dilakukan secara bertahap.
Actions (login required)
|
View Item |