“Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas v SD Negeri 35 Rejang Lebong Dengan Menggunakan Strategi Brain Storming pada Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan”

Permatasari, Nova (2019) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas v SD Negeri 35 Rejang Lebong Dengan Menggunakan Strategi Brain Storming pada Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan”. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS V SD NEGERI 35 REJANG LEBONG DENGAN MENGGUNAKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setelah melakukan pengamatan di SD Negeri 35 Rejang Lebong dapat diketahui permasalahan yang timbul pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun rincian yang timbul antaran lain : 1) Siswa beranggapan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan membosankan 2)Tingkat kemampuan berpikir siswa masih rendah disebabkan kurang optimalnya guru dalam menyampaikan materi pada saat proses pembelajaran 3) Cara mengajar guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tidak divariasikan dengan strategistrategi pembelajaran lain sehingga siswa merasa bosan, jenuh dan belum terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut, peneliti mencoba meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas V SD Negeri 35 Rejang Lebong dengan menggunakan strategi Brain Storming. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dengan cara meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 35 Rejang Lebong. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta hasil tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data observasi guru hanya digunakan untuk refleksi pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dengan menggunakan strategi Brain Storming dalam proses meningkatkan kemampuan berfikir siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terlihat meningkat disetiap siklusnya. Pada saat tes pra siklus persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa adalah 43,75 %. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,75 %, persentase peningkatan hasil belajar siswa pada saat pra siklus dan siklus I adalah 25 %. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa adalah 87,5 %, persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 18,75 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Permatasari, NovaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRatnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
ReviewerKhair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir; Strategi Brain Storming
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:22
Last Modified: 25 Oct 2019 04:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item