Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Religiusitas Siswa MAN di Kabupaten Lebong (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lebong)

Sunendi, Sunendi and Kusen, Kusen and Sumarto, Sumarto (2023) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Religiusitas Siswa MAN di Kabupaten Lebong (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lebong). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN RELIGIUSITAS SISWA MAN DI KABUPATEN LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nama Sunendi, NIM. 20871031, Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Religiusitas Siswa MAN di Kabupaten Lebong (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lebong). Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023, 123 halaman. Tingkat religiusitas siswa merupakan barometer yang dapat menggambarkan seberapa baik siswa mengetahui, memahami pendidikan agama Islam, meyakini dan menghayati ajaran Islam sehingga tertanam dalam ibadah, ritual dan sikap sosial, praktik ritual keagamaan, pengetahuan, keyakinan dan penghayatan. Siswa yang memiliki pemahaman atas pengetahuan, penghayatan dan keyakinan atas nilai- nilai pendidikan agama islam, akan memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam beribadah dan berinteraksi social seperti melakukan ibadah shalat, berpuasa, berinfak, menghormati dan menghargai guru yang mengajarnya, taat terhadap orang tua, dan terhindar dari sikap dan perilaku yang negatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, guru agama dan berapa orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa langkah yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sikap religiusitas siswa MAN di Kabupaten Lebong dapat dilihat dari beberapa dimensi yaitu dimensi keyakinan, dimensi peribadatan, dimensi pengamalan, dimensi atau akhlak, dimensi pengalaman, dan dimensi pengetahuan. Nilai-nilai pendidikan Islam adalah: nilaiiman dan takwa, nilai kedisiplinan, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai rasa hormat, nilai pengabdian, nilai amanah,dan nilaiamal sholeh. dampak dari penanaman nilai-nilai agama Islam tersebut adalah menjadi terbiasa melakukan ibadah, menghormati guru dan orang tua, rasa keakraban antar sesama teman, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan, mempunyai sikap toleran serta patuh dan taat terhadap peraturan Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Sikap Religiusitas Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sunendi, Sunendisunendilebong@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:09
Last Modified: 16 Mar 2023 07:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item