Kompetensi Guru Pai Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pemebelajaran PAI (Pada Peserta Didik di Sekolah Kreatif Smp ‘Aisyiyah)

Wulandari Putri, Eka Ceni and Purnama Sari, Dewi and Karolina, Asri (2023) Kompetensi Guru Pai Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pemebelajaran PAI (Pada Peserta Didik di Sekolah Kreatif Smp ‘Aisyiyah). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS FULL BAB CENI EPW.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ceni Eka Putri Wulandari, NIM 20871006, Kompetensi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Di Sekolah Ktreatif SMP ‘Aisyiyah, Tesis, Program pascasarjana IAIN Curup, Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023, 127 halaman. Pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan tujuan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan, ide-ide, pengalaman belajar serta kemampuan pemecahan masalah pada materi ajar. Melalui metode pembelajaran berbasis masalah siswa diharapkan dapat menggali dan menemukan sendiri dari pemecahan masalah yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengembangkan kreativitas, keaktifan, interaksi dan proses belajar siswa dalam memecahkan masalah. Ppembelajaran ini dapat menghantarkan siswa pada tujuan pembelajaran tingkat tinggi yaitu kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Jenis data dalam penelitian ini data tentang kompetensi guru PAI dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Sumber data diperolah dari guru PAI, siswa, dan dokumen-dokumen. Teknik menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Kreatif SMP ‘Aisyiyah, guru PAI sudah menerapkan tahap-tahap pemecahan masalah, yaitu menyajikan masalah, mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi masalah, mencari dan menilai alternatif pemecahan masalah serta menarik kesimpulan. Pada beberapa materi, guru sudah menugaskan siswa untuk mengidentifikasi masalah dari materi pelajaran. Kompetensi guru dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi masalah, mencari alternatif pemecahan masalah, menilai alternatif pemecahan masalah serta menarik kesimpulan dengan memberi lembar tugas dan dilaksanakan secara berkelompok. Kemudian siswa diberi kesempatan untuk presentasi atau berdiskusi. Kontribusi penelitian ini menjadi kajian lebih lanjut untuk meningkatkan kompetensi guru PAI menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran karena pendekatan ini memberi pengalaman belajar pada siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah. Kata Kunci : Kompetensi Guru PAI, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari Putri, Eka Cenicheniekaputriwulandari@gmail.com
Purnama Sari, Dewidewipurnamasari@iaincurup ac.id
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:35
Last Modified: 15 Mar 2023 07:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item