Rahayu, Elsa and Taqiyudin, Muhammad and Khair, Ummul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Time Token Pada Aspek Keterampilan Berbicara Kelas IV di SDN 83 Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA ASPEK KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV DI SDN 83 KABUPATEN LEBONG.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Elsa Rahayu (18591034), Penerapan Model Pembelajaran Time Token Pada Aspek Keterampilan Berbicara Kelas IV di SDN 83 Kabupaten Lebong Penelitian ini dilatar belakangi dengan ada kemampuan berbicara siswa masih mengalami kendala. Hal tersebut menjadikan hasil keterampilan berbicara siswa belum dapat dikatakan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Time Token pada kelas IV di SDN 83 Kabupaten Lebong? 2) Bagaimana keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN 83 Kabupaten Lebong? 3) Bagaimana penerapan model pembelajaran berbicara pada siswa kelas IV SDN 83 Kabupaten Lebong? Jenis penelitian yang digunakan ialah bersifat deskriptif dengan mengunakan pendektan kualitatif. Peneliti hanya menggunakan subjek 1 orang guru Bahasa Indoesia dan 10 orang siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi, teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Penerapan model pembelajaran Time Token pada kelas IV di SDN 83 Kabupaten Lebong yaitu: Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD kepada siswa. Kedua, menkondisikan kelas atau mengatur kelas. Ketiga, menjelaskan tugas, keempat, sebelum mereka persentasi kedepan maka guru meminta agar siswa menyerahkan kuponnya terlebih dahulu, kelima, memberikan kesempatan kembali untuk tampil. Keenam, guru menetapkan peraturan bagi siswa bahwa yang kehabisan kuponya tidak diperobelhkan berbicara. Ketujuh memberi nilai kepada siswa 2) Hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran Time Token pada keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 83 Kabupaten Lebong bahwa dengan adanya Time Token siswa memiliki nilai yang baik terbukti dengan 23 orang dari 25 dikatakan tuntas berdasarkan KKM. Sehingga bias dikatakan bahwa model pembelajaran Time Token meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek berbicara. 3) Penerapan model pembelajaran berbicara dikelas IV SDN 83 Lebong ialah dalam bentuk diskusi dan tanya jawab didalam kelas. Kata Kunci: Penerapan, Time Token, dan Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 07:08 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3366 |
Actions (login required)
View Item |