Pengaruh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Rejang Lebong

Selvi, Farolen and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Meldina, Tika (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu nilai yang diperoleh siswa tidak begitu memuaskan di karena media pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih monoton, kurang bervariasi dan tidak menarik. Dapat kita ketahui bahwa kurang aktif dalam pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar. Dengan demikian peneliti memutuskan untuk menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Dalam penelitian ini digunakan dua kelompok yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 4 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experiment) sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design, yaitu dengan melakukan (pretest) dan (posttest) di kelas kontrol, dan di kelas eksperimen melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakukan(treatment) kemudian dilakukan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data dengan observasi, inspeksi (pre-test atau post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh bahan ajar multimedia terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia, sejalan dengan pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan selama pembelajaran uji hipotesis atau uji-t di dapatkan bahwa mendapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 <; 0,05 maka bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya media pembelajaran bahasa Indonesia multimedia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. siswa kelas V SD Negeri 4 Rejang Lebong. . Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Multimedia, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Selvi, Farolenfarolinselvi03@gmail.com
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:37
Last Modified: 15 Mar 2023 03:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item