Yuliarini, Yuliarini and Susilawati, Susilawati and Rahmat, Jamalludin (2023) Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Siswa Kelas V SDN 145 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI 1RENAF.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi dimana guru belum sepenuhnya melaksanakan perannya, baik di dalam maupun di luar proses belajar mengajar, maupun dalam penanaman nilai nasionalisme pada siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan peran guru sebagai motivator dalam penanaman nilai nasionalisme pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 145 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian adalah analisis deskriptif. Subjek pada penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas v dan siswa kelas V SDN 145 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis datanya yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perannya sebagai motivator sebagian guru belum sepenuhnya melaksanakan perannya sebagai motivator untuk menanamkan nilai nasionalisme, dalam menanamkan sikap cinta tanah air guru mengajak siswa untuk mengikuti upacara tiap hari senin, menggunakan produk negeri, mengajak siswa mengikuti lomba berkaitan kemerdekaan. Dalam sikap disiplin guru kurang tegas terhadap siswa yang kurang disiplin, guru tidak memberikan dorongan pada siswa agar siswa dapat disiplin.Sikap tanggung jawab guru menggunakan cara pemberian nilai dan persaingan point. Kendala dalam guru melaksanakan perannya dalam penanaman nilai nasionalisme, yaitu kemauan siswa, karakter setiap siswa berbeda, pengaruh pergaulan, kurangnya sarana prasarana mendukung pemberian motivasi tentang cinta tanah air, kurang komunikasi antar guru dan wali murid, kurangnya dukungan orang tua guru dapat melaksanakan perannya sebagai motivator dalam penanaman nilai nasionalisme. Kata Kunci : Peran Guru, Motivator, Nilai Nasionalisme
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 03:34 | ||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 03:34 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3347 |
Actions (login required)
View Item |