Destriani, Destriani and Warsah, Idi and Karolina, Asri (2023) Analisis Pembelajaran Berbasis 4C’s Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, IAIN CURUP.
Text
DESTRIANI 21871005 TESIS PASCASARJANA PAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3879 Tahun 2019 tentang pedoman pembelajaran dan penilaian di perguruan tinggi keagamaan Islam tuntutan khusus perguruan tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran abad 21, belum adanya workshop yang mengarah kepada kecakapan abad 21. Kecakapan 21 yang harus dipenuhi dalam pembelajaran adalah ketercapaian keterampilan 4C’s. dengan demikian pembelajaran diperguruan tinggi harus mengarah kepada pengembangan 4C’s. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran berbasis keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreatif dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, dengan teknik menggumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: 1) Kondensasi Data (Data Condensation), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Verifikasi Data (Data Verifikation). Teknik uji keabsahan data yaitu: 1) Triangulasi Sumber, 2) Triangulasi Teknik. hasil dari penelitian ini berupa uraian kata-kata, tulisan atau lisan dari subyek yang diamati yaitu ketua program studi pendidikan agama Islam, Dosen Prodi PAI, Mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perencanaan pembelajaran sudah mengarah kepada pembelajaran abad 21 berbasis 4C’s. Dalam pelaksanaan Pertama, komunikasi dalam proses perkuliahan sudah berjalan dengan baik yang ditandai dengan terukurnya tujuan perkuliahan yang akan dicapai pada Silabus dan RPS. terjadinya komunikasi timbal balik antara dosen dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa baik dalam perkuliahan maupun pengumpulan tugas, dengan upaya membaca artikel, diskusi, tanya jawab, model cooperative learning dan active learning. Kedua kolaborasi sudah dilakukan oleh para dosen dalam bentuk penugasan kelompok diskusi, penulisan jurnal dan penelitian bersama. menggunakan model research based learning, project based learning, presentasi, diskusi kelompok.. Ketiga, kreativitas baru dapat terwujud pada pemilihan strategi perkuliahan dan media pengajaran berbasis TPACK memanfaatkan Qr code, Mind Master, Kahoot, Canva dan juga penggunaan model project based learning, problem based learning. Keempat, keterampilan berpikir kritis telah dilakukan oleh para mahasiswa atas bimbingan tenaga pengajar melalui pemberian berbagai permasalahan yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa baik melalui metode tanya-jawab,diskusi, presentasi makalah, penggunaan model problem based learning, research based learning dan riview materi hasilnya dalam bentuk laporan hasil secara tertulis yaitu makalah, paper atau jurnal. Evaluasi dilaksnakan dengan ujian lisan, proyek, membuat makalah, presentasi ,diskusi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 09:10 | ||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 09:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3342 |
Actions (login required)
View Item |