Keteladanan Dalam Al-Qur’an dan Implementasinya Dengan Pendidikan Islam

Taklimudin, Taklimudin and Warsah, Idi and Sumarto, Sumarto (2022) Keteladanan Dalam Al-Qur’an dan Implementasinya Dengan Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Full Text Tesis Taklimudin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik. Sebagai pendidik, ia hendaknya memiliki kriteria-kriteria tertentu sehingga merupakan ciri yang melekat dalam dirinya. Ciri tersebut merupakan kepribadian yang kemudian dapat dilihat dari sifat yang ditampilkan. Kepribadian inilah yang akan menjadikannya sebagai panutan bagi anak didiknya. Dalam pendidikan Islam, guru juga harus mampu menjadikan pribadinya sebagai sosok ideal yang dijadikan sebagai teladan bagi anak didik. Dalam konteks ini seorang guru harus senantiasa menampilkan budi pekerti yang mulia dalam setiap perilakunya, yang kemudian akan menjadi rujukan bagi murid-muridnya. Dalam hal ini keteladanan adalah faktor terpenting dalam menentukan baik buruknya pribadi murid. Perlu juga dikemukakan bahwa efektivitas penggunaan keteladanan sebagai alat pendidikan tidak berlaku untuk semua aspek pendidikan Islam. Keteladanan efektif untuk aspek-aspek pendidikan yang bertujuan membentuk sikap dan keterampilan tertentu. Keterampilan dapat berbentuk mengerjakan suatu perbuatan atau melafalkan ucapan-ucapan tertentu. Dalam pemberian pengetahuan-pengetahuan yang tidak aplikatif, penggunaan keteladanan dipandang tidak efektif, bahkan tidak dibutuhkan. Dari masalah yang ditemukan oleh peneliti, peneliti ingin melihat konsep metode keteladanan perspektif pendidikan islam yang diterapkan oleh guru apakah metode keteladanan efekitiv digunakan untuk merealisasikan tujuan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau yang lebih dikenal dengan istilah Library Research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode keteladanan dalam pendidikan Islam dan bagaimana penerapannya. Dalam pengolahan data dan pengambilan kesimpulan, penulis menggunakan proses berfikir deduktif yang berdasarkan konsep-konsep yang bersifat umum kemudian mengarah kepada yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pendidikan Islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan. Bahkan metode sebagai seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan/materi pelajaran kepada peserta didik dianggap lebih signifikan dibanding dengan materi sendiri. Keberhasilan penggunaan suatu metode merupakan keberhasilan proses pembelajaran yang akhirnya berfungsi sebagai determinasi kualitas pendidikan. Sehingga metode pendidikan Islam yang dikehendaki akan membawa kemajuan pada semua bidang ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Secara fungsional dapat merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan. Keteladanan merupakan sebuah metode pendidikaan Islam yang sangat efektif diterapkan oleh seorang guru dalam proses pendidikan. Karena pada dasarnya pendidikan merupakan usaha sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama. Dengan demikian, apa yang telah diuraikan tersebut di atas, dapatlah menjadi suatu gambaran bahwa keteladanan guru sangatlah berpengaruh pada pendidikan anak, karena metode ini sangat efektif dan meyakinkan akan keberhasilannya dalam mempersiapkan dan membentuk moral, spiritual dan sosial anak. Untuk itulah pendidik harus menyadari bahwa dirinya merupakan figur yang baik dalam pandangan anak didik, yang mana perkataan dan perbuatannya akan menjadi panutan bagi anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Taklimudin, TaklimudinUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Sumarto, SumartoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:18
Last Modified: 13 Mar 2023 02:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item