Yanti, Yuli Ferbi and Bahri, Syaiful and Fathurrohman, Irwan (2023) Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah Muara Telang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH ALHIDAYAH MUARA TELANG.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas manajemen pengembangan kurikulum berbasis pesantren sebagai upaya peningkatan kualitas Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah dengan mengintegrasikan kurikulum madrasah dan kurikulum pondok pesantren. Kurikulum berbasis pesantren berarti memasukkan kurikulum pesantren ke dalam kurikulum madrasah. Sehingga perbedaan yang terlihat antara madrasah pada umumnya dengan kurikulum berbasis pesantren adalah kurikulum PAI di madrasah hanya mencakup mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan SKI, dan kurikulum pesantren mengenai pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum pada madrasah berbasis pesantren di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah Muara Telang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini kepala madrasah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data nya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa kurikulum berbasis pesantren di MTs Alhidayah mengikuti keputusan pemerintah juga dikembangkan dengan pola pesantren. Perencaaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Alhidayah meliputi : penentuan tujuan, menentukan proses pembelajaran, menentukan organisasi pengalaman belajar, dan menentukan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Pesantren di MTs Alhidayah. menunjukkan adanya kitab-kitab salaf sebagai sumber belajar beserta metode pembelajaran pesantren seperti bandongan, halaqah, dan musyawarah. Evaluasi kurikulum berbasis pesantren di MTs Alhidayah dilaksanakan dengan menggunakan model context, input, process, dan product. Novelty dari penelitian ini perpaduan kurikulum madrasah dan pondok pesantren dapat meningkatkan kualitas output dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:00 | ||||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:00 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3184 |
Actions (login required)
View Item |