Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua dalam Membangun Self Control Siswa di SMAN 04 Lebong

Pratama, Andri and Hidayat, Rahmad and Rini, Rini (2021) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua dalam Membangun Self Control Siswa di SMAN 04 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (896kB)

Abstract

Di SMAN 04 Lebong banyak permasalahan mengenai siswa siswi yaitu kurang disiplin, bolos pada saat jam pelajaran, merokok, melawan guru dan tidak menutup kemungkinan siswa yang masih senang berkelahi pada saat jam pulang sekolah.Untuk itu perlu adanya self-control dari guru PAI untuk menanganinya. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Bentuk Kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam meningkatkan self control kelas X dan XI di SMAN 04 Lebong. 2) Kendala dalam menbangun kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam meningkatkan self control kelas X dan XI di SMAN 04 Lebong. 3) Hasil yang dicapai terhadap kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam meningkatkan self control kelas X dan XI di SMAN 04 Lebong Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) Penelitian ini berbentuk kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini ialah sebanyak 2 orang guru PAI, Kepala sekolah dan siswa sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data: Observasi (Pengamatan) dan Wawancara dan Dokumentasi. Dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Penelitian ini disimpulkan; Pertama, Ada berbagai bentuk kerjasama yakni Guru melibatkan keluarga dalam meningkatkan Self Control siswa, Komunikasi dengan wali murid baik komunikasi tertulis maupun non tertulis, menjalain komunikasi dengan wali murid seperti teknik formal dan non formal. Adanya program kerjasama para wali ketika ada kegiatan. Guru menghimbau orangtua dapat mendampingi, memantau dan membimbing anak di rumah, Pihak sekolah menawarkan buku paket dan untuk menunjang pembelajaran anak. Kedua, Terdapat kendala dalam melaksanakan tidak intensnya waktu untuk melakukan komunkasi dengan orang tua, guru juga memiliki beberapa upaya dalam meminimalisir kendala tersebut yakni guru memiliki beberapa upaya untuk mengurangi kendala dalam melakukan kerjasama seperti tetap selalu melaksanakan komunikasi baik langsung maupun tidak langsung melalui media sosial mengadakan pertemuan dengan memanggil orang tua untuk mendatangi sekolah. Ketiga, adapun hasil yang dicapai adalah adanya perubahan prilaku yang positif dari kerjasama guru PAI dengan Wali murid di SMAN 04 Lebong. Kata Kunci: Kerjasama, Guru Pendidikan Agama Islam, Orang tua dan Self Control

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pratama, AndriUNSPECIFIED
Hidayat, RahmadUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:43
Last Modified: 13 Mar 2023 04:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item View Item