Haryati, Rini and Ratnawati, Ratnawati and Gunawan, Guntur (2022) Penerapan Trilogi Pendidikan Dalam Pendidikan Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 1 Curup Tengah. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Rini Haryati (1).pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari guru yang dinilai sangat penting dalam perkembangan anak dan dunia pendidikan. Segala hal yang dilakukan guru adalah contoh bagi anak-anak. Oleh sebab itulah guru dalam melaksanakan pembelajaran perlu menerapkan konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara, (Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep trilogi pendidikan Ki Hadjar dewantara di kelas III serta kendala�kendala dalam penerapan konsep tersebut di SD Muhammadiyah 1 Curup Tengah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dimana menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, metode penelian ini purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan trilogi disekolah sudah diterapkan dengan baik. Penerapannya seperti guru memberikan contoh sikap sopan santun serta perilaku baik dilingkungan sekolah ataupun di luar sekolah. Hanya saja kendala penerapan ini dikarenakan kurangnya timbal balik dari anak. Kata Kunci : Trilogi Pendidikan, Pendidikan Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3081 |
Actions (login required)
View Item |