Sarumi, Riska and Warsah, Idi and Sutarto, Sutarto (2022) Kerjasama Antara Guru Pembimbing, Orang Tua dan Wali Kelas dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Riska Sarumi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kedisiplinan peserta didik yang sangat berarti bagi kemajuan SMK IT Khoiru Ummah, disiplin akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. Sebaliknya pada SMK IT yang tidak disiplin atau tata tertib maka proses belajar mengajar akan terasa tidak nyaman tidak teratur sehingga memicu peserta didik untuk melakukan pelanggaran yang terjadi dianggap hal biasa dan untuk megubahnya sehingga berbagai jenis pelanggaran tata tertib di SMK IT tersebut dapat diminimalisir. Apabila ada tata tertib mengatur peserta didik untuk disiplin maka peserta didik harus menaati tata tertib yang berlaku. Sehingga, dalam melakukan proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan tetrib, efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Apa saja permasalahan kedisiplinan siswa, bentuk kerjasama apa yang dilakukan oleh guru pembimbing, orang tua dan wali kelas dalam mengatasi kedisiplinan siswa serta apa dampak dari pelaksanaan kerjasama dalam mendisiplinkan siswa di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang merupakan suatu strategi inquiry yang menekankan pencarian deskriptif tentang suatu fenomena alami dan holistik. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik analisis data, dan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1) Masalah kedisiplinan siswa disekolah diantaranya : siswa yang sering terlambat masuk sekolah, sering membawa Headphone, malas membuat tugas, sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan, memakai seragam tidak sesuai peraturan dan pelanggaran�pelanggaran lainnya. 2) Bentuk kerjasama guru pembimbing dengan ornag tua : menginformasikan kepada orang tua tentang permasalahan disiplin yang dialami siswa, mengkomunikasikan permasalahan siswa, melakukan kunjungan rumah, mengajak orang tua bersama-sama mengingatkan siswa. 3) Bentuk kerjasama guru pembimbing dengan wali kelas : meminta guru pembimbing menyampaikan siswa yang melanggar disiplin, berkomunikasi secara terbuka upaya menangani permasalahan siswa, bersama-sama wali kelas memantau perkembangan perilaku disiplin siswa. 4) Dampak kerjasama guru pembimbing, orang tua dan wali kelas : orang tua dan wali kelas menjadi tau bagaimana permasalahan siswa secara menyeluruh, terjalin komunikasi terbuka antara guru pembimbing, orang tua dan wali kelas, siswa mendapat penanganan yang tepat sehingga perilaku disiplin bisa diatasi. Kata Kunci : Bentuk Kerjasama, Guru Pembimbing, Orang Tua, Wali Kelas, Disiplin
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |