Strategi Pembelajaran yang dikembangkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Konsentrasi Beljar Siswa di SD Negeri 02 Rejang Lebong

emiliya, via and Sari, Dewi Purnama and Indrawari, Karliana (2023) Strategi Pembelajaran yang dikembangkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Konsentrasi Beljar Siswa di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Konsentrasi belajar menjadi hal yang sangat penting dan perlu di tanamkan pada diri peserta didik. Strategi pembelajaran yang diberikan guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa sangat penting untuk menentukan keberhasilan pendidikan dan pembentukan pribadi peserta didik secara keseluruhan. Dalam penelitian ini ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Diamana penelitian ini sendiri bertujuan untuk: 1). Mengetahui apa saja strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. 2). Mengetahui bagaimana penerapan strategi tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3). Mengetahui Bagaimana implikasinya terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini ialah data tentang strategi pembelajaran, penerapan, dan implikasi dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Diamana data bersumber dari guru Pendidikan Agama Islam, menggunakan tektnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan domumentasi, serta teknik analisis data melalui reduksi, penyajian dan verifikasi, dengan teknik keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan: 1). Strategi Pembelajaran yang diterapkan guru Pai untuk meningkatkan konsentrasi belajar memastikan siswa siap belajar, Menciptakan suasana belajar nyaman/kondusif/menyenangkan, Meminimalisir gangguan saat belajar, Memberikan waktu jeda/istirahat antar materi, Menggunakan Metode megajar yang bervariasi. 2). Penerapan strategi pemebelajaran yang telah di rancang dengan membaca do’a sebelum belajar, membaca surat pendek, ice breaking, memutar video animasi kisah nabi, tanya jawab, tukar peran, games. 3). Implikasi strategi yang diterapkan guru kepada siswa ini sangat membantu meningkatkan konsentrasi belajar siswa serta dapat membantu siswa lebih aktif untuk menuangkan ide-ide kreatif, dapat membantu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memapu meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Konsentrasi, Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
emiliya, viaemiliyavia19@gmail.com
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:20
Last Modified: 07 Mar 2023 03:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item View Item