Metode Pendidikan Anak Kebutuhan Khusus dalam Novel Moga Bunda disayang Allah Karya Tere Liye dan Implementasinya disekolah SLB

Hanum, Rohma Wati and Ratnawati, Ratnawati and Siswanto, Siswanto (2022) Metode Pendidikan Anak Kebutuhan Khusus dalam Novel Moga Bunda disayang Allah Karya Tere Liye dan Implementasinya disekolah SLB. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ROHMA WANTI HANUM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Semua manusia pasti memiliki kebutuhan tidak terkecuali dengan anak yang berkebutuhan khusus diantaranya yaitu kebutuhan pendidikan, dengan terpenuhi kebutuhan pendidikan. anak kebutuhan khusus dapat berkembang sesuai dengan kondisisnya. Adapun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan khususnya yang berhubungan dengan metode dalam mendidik anak kebutuhan khusus.. Tujuan penelitian dari Novel Moga Bunda disayang Allah Karya tere Liye dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yaitu untuk mengetahui metode pendidikan apa saja yang terdapat dalam Novel Moga Bunda disayang Allah dan juga bagaimana Implementasinya di Sekolah Luar biasa (SLB). Metode Penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui sumber data primer yaitu Novel Moga Bunda disayang Allah Karya Tere Liye dan Guru Kelas 3 anak tunarungu dan guru kelas 5 anak tunanetra diSekolah SLB Negeri 1 Rejang Lebong Curup Selatan yang terdapat metode dalam mendidik anak kebutuhan khusus. Kemudia dilengkapi dengan data sekunder yaitu data yang ditelitiData data yang menduukung data Primer berupa data tertulis dari buku, jurnal, skripsi, tesis. Teknik pengumpulan Data dengan Cara Content Analysis atau Analisis Isi, Observasi, Wawancara, Dokumentasi yang dilakukan langsung dilapangan. Hasil Penelitian ini Menunjukan bahwa terdapat delapan metode pendidikan anak kebutuhan khusus dalam Novel Moga Bunda disayang Allah Metode Pembiasaan, Metode Hukuman, Metode Bercerita, Metode Klasikal, Metode Individual, Metode Verbal dan Non Verbal. metode yang di implementasikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Rejang Lebong kecamatan Curup Selatan yaitu metode pembiasaan dan metode Bercerita, Metode Klasikal, Metode Individual, Metode verbal dan Non Verbal. Kata Kunci : Metode, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Novel, Implementasi Disekolah SLB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hanum, Rohma WatiUNSPECIFIED
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:24
Last Modified: 13 Mar 2023 04:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item