Warahma, Vina and Kusen, Kusen and Hakim, Ihsan Nul (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mata Pelajaran Akidah Akhlak(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK.pdf Download (1MB) |
Abstract
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong) Strategi pembelajaran ialah pola-pola umum kegitan guru dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi memilik problem bahwa peserta didiknya belum mampu mencerminkan perilaku islami yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan Akidah Akhlak. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan perubahan terhadap peseta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong. Peneliti berusaha membuktikan strategi pembelajaran berbasis masalah mampu memberi pengaruh terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing atau verification. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian strategi yang ditanamkan pada peserta didik berkaitan dengan mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun yang menjadi sabjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong, Guru PAI dan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong yang berjumlah lima orang. Dari penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah peserta didik dibimbing melalui pemberian nasehat, menekankan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran kemudian memberi peringatan, mengajarkan agar peserta didik menghindari perbuatan yang tercela, mendidik siswa agar bertanggung jawab, mengajak siswa beristighfar sebelum melaksanakan pembelajaran, bercerita/ceramah agama yang mengandung kesan dan pelajaran, membaca Al-Qur'an, mengajak siswa sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah. Akan tetapi hal tersebut belum sepenuhnya memberi perubahan terhadap perilaku/akidah akhlak peserta didik, sebab perilaku peserta didik belum mampu mencerminkan perilaku yang islami seperti yang diharapkan. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:57 | ||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3012 |
Actions (login required)
View Item |