Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ‎Mata Pelajaran Akidah Akhlak(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong)‎

Warahma, Vina and Kusen, Kusen and Hakim, Ihsan Nul (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ‎Mata Pelajaran Akidah Akhlak(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong)‎. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA ‎PELAJARAN AKIDAH AKHLAK ‎ (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong)‎ Strategi pembelajaran ialah pola-pola umum kegitan guru dan peserta didik ‎dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ‎ditetapkan.di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi memilik problem bahwa peserta ‎didiknya belum mampu mencerminkan perilaku islami yang sesuai dengan ketentuan-‎ketentuan Akidah Akhlak.‎ Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran ‎berbasis masalah dapat memberikan perubahan terhadap peseta didik di Madrasah ‎Tsanawiyah Al-Hadi Lebong. Peneliti berusaha membuktikan strategi pembelajaran ‎berbasis masalah mampu memberi pengaruh terhadap peserta didik. Jenis penelitian ‎ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif ‎dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ‎observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan ‎adalah reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing atau verification. Teknik ‎penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan ‎triangulasi. Dari hasil penelitian strategi yang ditanamkan pada peserta didik ‎berkaitan dengan mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun yang menjadi sabjek dalam ‎penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong, Guru PAI dan ‎siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Lebong yang berjumlah lima orang.‎ Dari penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah ‎peserta didik dibimbing melalui pemberian nasehat, menekankan siswa agar aktif ‎dalam kegiatan pembelajaran kemudian memberi peringatan, mengajarkan agar ‎peserta didik menghindari perbuatan yang tercela, mendidik siswa agar bertanggung ‎jawab, mengajak siswa beristighfar sebelum melaksanakan pembelajaran, ‎bercerita/ceramah agama yang mengandung kesan dan pelajaran, membaca Al-Qur'an, ‎mengajak siswa sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah. Akan tetapi hal tersebut belum ‎sepenuhnya memberi perubahan terhadap perilaku/akidah akhlak peserta didik, sebab ‎perilaku peserta didik belum mampu mencerminkan perilaku yang islami seperti yang ‎diharapkan.‎ Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak.‎

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Warahma, Vinavinawarahma24@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Hakim, Ihsan Nulsanulhakim1974@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:57
Last Modified: 03 Mar 2023 03:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item