Pengaruh Komunikasi Iterpersonal Orang Tua dengan Anak Terhadap Hasil Belajar Anak dalam Mata Pelajaran PAI di SMK N 6 Rejang Lebong

Mubarok, Muhib Afif and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2020) Pengaruh Komunikasi Iterpersonal Orang Tua dengan Anak Terhadap Hasil Belajar Anak dalam Mata Pelajaran PAI di SMK N 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Anak yang mendapatkan hasil belajar yang baik tidak terlepas dari peranan orangtua. Dan secara tidak langsung hal ini berhubungan erat dengan adanya komunikasi interpersonal yang tercipta antara orangtua dan anak. Namun, ada kalanya orangtua menuntut keberhasilan hasil belajar pada anaknya tanpa di berangei sikap yang mendukung dan pendekatan komunikasi yang kurang. Penelitian ini ingin melihat sejauh mana pengaruh komunikasi orangtua dalam menentukan keberhasilan seorang anak, sehingga anak dapat meraih hasil yang memuaskan sesuai denga harapan orangtuanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Observasi, Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian Field Research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 57 siswa dan penelitian ini diambil dari populasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket dan studi literature atau kepustakaan dengan menggunakan analisis data statistic dengan analisis dua variable. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan rumus koefisien korelasi product moment guna mencari kedua jawaban variable tersebut. Kualitas komunkasi interpesonal orangtua dengan anak dan hasil belajar anak di SMK N 6 Rejang Lebong merupakan baik dengan persentase 45,6% untuk komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dan baik 68,6% untuk hasil belajar. Karena nilai df 55 maka diperoleh harga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,260 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,338. Dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf 5% ataupun 1%. Maka Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal orangtua dengan anak tehadap hasil belajar anak dalm mata pelajaran Pai di SMK N 6 Rejang Lebong. Pengaruh komunikasi yang terbentuk antara orang tua dan anak tergolong dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil distribusi frekuensi menunjukkan bahwa kualitas dari komunikasi interpersonal antara orangtua dan ank cukup baik. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mubarok, Muhib AfifUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:19
Last Modified: 13 Mar 2023 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item