Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Simpanan Pelajar (Simpel) Ib Pada Bank Sumsel Babel Syariah Lubuklinggau

Wati, Anggun Kartika and Istan, Muhammad and Arifin, Rahman (2023) Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Simpanan Pelajar (Simpel) Ib Pada Bank Sumsel Babel Syariah Lubuklinggau. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP ANGGUN KARTIKAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil dari penelitian yang menggambarkan bagaimana dan strategi yang digunakan oleh lembaga keuangan bank khususnya pada produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB di Bank Sumsel Babel Syariah Lubuklinggau. Adapun yang melatarbelakangi Peneliti tertarik untuk mengangkat judul ini didasarkan pada kebiasaan para pelajar yang kurang berminat untuk menabung. Padahal jika dilihat dari fungsinya, menabung dapat mempersiapkan masa depan yang lebih terarah. Dengan adanya tabungan Simpanan Pelajar di Bank Sumsel Babel Syariah Lubuklinggau memberikan wadah bagi para pelajar yang ingin menabung sesuai dengan tujuan tabungan tersebut yaitu mengedukasi para pelajar untuk membudayakan menabung sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian yang berupa lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan langsung dilapangan. Data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan, jurnal, buku, artikel, dokumentasi wawancara yang menunjang dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian strategi yang digunakan oleh bank dalam memasarkan produk tabungan Simpanan Pelajar atau Simpel iB yaitu dengan melakukan penyuluhan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Lubuklinggau. Adapun metode yang efektif digunakan dengan menggunakan metode bauran atau marketing mix 4P yaitu product, price, place dan people. Selain itu hambatan yang dilalui oleh bank adalah seperti sekolah sudah terlebih dahulu dikunjungi oleh bank lain, banyak para pelajar yang sungkan menabung di bank dan banyak pelajar yang hanya membuka tabungan saja akan tetapi untuk menabung tidak dilakukan secara rutin. Sedangkan upaya yang dilakukan pihak bank dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut yaitu dengan meningkatkan nasabah dengan secara rutin sosialisasi dan mengunjungi sekolah-sekolah setiap penerimaan siswa-siswi baru. Kata Kunci : Strategi, Marketing, Simpanan Pelajar (Simpel) iB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wati, Anggun Kartikaanggunkartikawati18@gmail.com
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Arifin, Rahmanrahmanarifin060606@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:23
Last Modified: 27 Feb 2023 08:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item