Strategi Pembelajaran Dosen dalam Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI IAIN Curup

Monicha, Ririn Eka and Sutarto, Sutarto and Deriwanto, Deriwanto (2022) Strategi Pembelajaran Dosen dalam Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI IAIN Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Ririn Eka Monicha.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengembangkan critical thinking mahasiswa sangat penting dilakukan oleh setiap dosen khususnya pada pascasarjana. Setiap dosen memiliki strategi yang berbeda-beda dalam membangun critical thinking mahasiswa di pascasarjana prodi PAI IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam mengenai strategi pembelajaran dosen dalam mengembangkan kemampuan critical thinking mahasiswa pascasarjana prodi PAI IAIN Curup dalam aspek mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan. Informan penelitian ini adalah dosen yang mengajar di prodi PAI Pascasarjana IAIN Curup yang terdiri dari 12 dosen.Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan pengamatan dan triagulasi sumber serta teknik. Dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data collection (Pengumpulan data), data reduction (Reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/ verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum strategi pembelajaran dosen dalam mengembangkan kemampuan critical thinking mahasiswa pada aspek mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi masalah memiliki metode, model dan pendekatan yang sama yaitu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas kelompok, project kolaboratif, dan inquiri. Sedangkan model yang digunakan yaitu cooperatif learning, project based learning, problem based learning, accelerated learning, quantum learning, pembelajaran berbasis riset dan menggunakan pendekatan andragogik dan student center. Namun, ditemukan juga bahwa penerapan dari ke tiga metode, model, dan pendekatan memiliki penekanan yang berbeda-beda pada aspek mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi masalah. Sehingga pemilihan atau penerapan yang dilaksanakan di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, pendekatan, dan model yang sesuai dengan materi atau bahasan yang di bahas di dalam proses perkuliahan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Critical Thinking, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Monicha, Ririn EkaUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Deriwanto, DeriwantoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:17
Last Modified: 13 Mar 2023 04:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item