marda, tillah and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Muroja’ah Dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 144 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Mardatillah (NIM. 18591069) Prodi PGMI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena ketika di rumah beberapa siswa menghabiskan terlalu banyak waktu dengan seperti bermain game, tidak belajar, dan tidak mempraktikkan hafalan ayat-ayat suci Al-Quran. Pada dasarnya, menjaga hafalan lebih sulit dari pada menghafal. Hal ini karena hafalan diberikan secara khusus. Melalui program muroja’ah disekolah dapat membekali siswa agar mampu untuk menghafal surah pendek nya dengan baik dan lancar tidak bermalas-malasan untuk bermuroja’ah menjadi kepribadaian yang berakhlak muliah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut digunakan untuk menggambarkan situasi di lapangan dalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah wali kelas V, kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas V yang di mintai keterangan serta pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran metode muroja’ah dalam meningkatkan hafalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode muroja’ah di SDN 144 Rejang Lebong dalam menjaga hafalan surah pendek.1. Implementasi metode muroja’ah pada kelas V di SDN 144 Rejang Lebong sudah bisa dikatakan baik dan terarah. Dengan menggunakan metode yang pertama, dengan melihat mushaf . Kedua, tanpa melihat mushaf. 2. Pelaksanaan metode pembelajaran muroja’ah dalam meningkatkan hafalan pada pembelajaran terbagi sebagai empat aplikasi yaitu: Pelaksanaan metode pembelajaran muroja’ah dalam meningkatkan hafalan pada pembelajaran terbagi sebagai empat aplikasi yaitu: Muroja’ah hafalan bersama-sama dan disimak oleh bapak/ibu guru, Muroja’ah hafalan surat pendek dilakukan dengan teman, Muroja’ah hafalan yang lama dan baru pada bapak/ibu guru dan Ujian hafalan surat pendek. 3. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran metode muroja’ah pada tingkatan sekolah dasar dalam mengimplementasi metode muraja’ah untuk meningkatkan kualitas hafalan surat pendek. Faktor pendukung dan penghambat pada mengimplementasi metode muraja’ah diantaranya yaitu: Faktor internal (Dorongan Individu, kecerdasan atau kekuatan ingatan, dan target hafalan), dan Faktor eksternal (Metode yang digunakan, manajemen waktu, dan manajemen tempat).
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:10 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2855 |
Actions (login required)
View Item |