Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Sdn 97 Rejang Lebong

Ariani, Resti and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Sdn 97 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
RESTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah seseorang yang memiliki tantangan selama proses pembelajaran, yang mengakibatkan hasil belajar di bawah standar dan belum memenuhi tujuan pembelajaran. Dari pandangan tersebut, jelas bahwa salah satu faktor yang digunakan untuk menentukan apakah siswa memiliki tantangan belajar atau tidak adalah sejauh mana tujuan belajar tersebut terhambat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa di SDN 97 Rejang Lebong, Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar di SDN 97 Rejang Lebong, dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar di SDN 97 Rejang Lebong. Metode ini menggunakan metode kualitatif, yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas II A, dan siswa kelas II A yang mengalami kesulitan belajar SDN 97 Rejang Lebong.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, data display, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas II A pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 97 Rejang lebong yaitu masih ada siswa yang belum hafal huruf abjad, belum bisa membaca, dan masih ada siswa yang belum bisa menulis. 2. Upaya yang dilakukan guru kelas II A yaitu dengan melakukan kerjasama dengan orang tua serta memberikan bimbingan belajar khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, menggunakan metode dikte untuk mengatasi siswa yang belum bisa menulis. 3. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan menggunakan prasarana yang tersedia di sekolah seperti media pembelajaran yang memadai. Sedangkan faktor penghambat guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu dari dalam diri siswa itu sendiri seperti belum hafalnya siswa terhadap huruf abjad, belum bisa membaca, dan belum bisa menulis. Kata Kunci : Upaya Guru, Mengatasi Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ariani, RestiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:34
Last Modified: 23 Feb 2023 04:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item