Skala Kecerdasan Perilaku Konsumsi Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur‟An Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup

Fitriani, Rika and Hendrianto, Hendrianto and Ilhamiwati, Mega (2022) Skala Kecerdasan Perilaku Konsumsi Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur‟An Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Rika Fitriani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan merupakan kemampuan seseorang yang diinginkan untuk memperoleh pengetahuan, kapasitas mental, kemampuan merespon dengan cepat dan kemampuan akal untuk memecahkan masalah, sedangkan konsumsi Islam adalah mengeluarkan sesuatu dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang memiliki tujuan utama agar mencapai kebaikan dunia dan akhirat. Islam juga menyerukan konsumsi dalam jumlah yang wajar tidak berlebih-lebihan serta sesuatu yang di konsumsi tersebut harus halal, baik, bersih dan bermanfaat. Namun pada hakekatnya mahasiswa cenderung berlebih-lebihan padahal berasal dari keluarga yang kurang mampu, mahasiswa juga sering kali mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang baik untuk tubuh. Perilaku konsumsi tersebut belum sesuai dengan prinsip konsumsi Islam karena masih banyaknya mahasiswa yang terpengaruh dengan gaya (trend) untuk kepuasan diri semata. Melihat kondisi tersebut maka penelitian ini akan mengarah pada kecerdasan perilaku konsumsi berbasis al-Qur‘an mengenai apa saja indikator yang dominan dalam pembentukan konstruk pada skala kecerdasan dalam ayat-ayat al-Qur‘an tentang konsumsi, model dan bentuk Fit Model skala kecerdasan perilaku konsumsi berbasis nilai-nilai al-Qur‘an pada mahasiswa IAIN Curup. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif psikometrik. sumber data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Curup yang berjumlah 4.087 orang dan sampel yang diambil adalah 320 orang berdasarkan tabel Issac dan Michael tingkat error sebesar 5%, dimana 86 sampel untuk uji EFA dan 234 sampel untuk uji CFA, metode sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji EFA (Exploratory Factor Analysis) yang terdiri dari uji konstruk, Uji KMO MSA dan Bartlett’s test of Sphericity, uji hasil EFA, dan Uji CFA (Confirmatory Factor Analysis). Alat bantu untuk analisis data menggunakan IBM SPSS dan Amos version 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji EFA (Exploratory Factor Analysis) menghasilkan empat kelompok indikator meliputi: kesadaran diri, motivasi diri, kepercayaan diri dan kontrol diri. Model awal perilaku konsumsi berbasis nilai�nilai al-Qur‘an pada mahasiswa IAIN Curup belum fit karena belum memenuhi kriteria good of fit model yang telah ditentukan, sedangkan bentuk fit model skala kecerdasan perilaku konsumsi berbasis nilai-nilai al-Qur‘an pada mahasiswa IAIN Curup setelah dimodifikasi menghasilkan CMIN/DF, AGFI, RMSEA, RMR, NFI dan PNFI, P-value, RMSEA, GFI, TLI, dan IFI keseluruhan sudah memenuhi kriteria statistik yang diperlukan untuk menghasilkan model yang fit. Kata Kunci: Exploratory factor analysis, confirmatory factor analysis, konsumsi Islam, nilai al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fitriani, RikaUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Ilhamiwati, MegaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:51
Last Modified: 21 Feb 2023 08:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item