Mura, Novita and Harmi, Hendra and Yulizah, Yosi (2022) Hambatan Guru pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di MIN 04 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di MIN 04 Kepahiang diperoleh informasi bahwa hambatan pada perencanaan pendidik mengalami kendala dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik (RPP), mengisi penilaian pembelajaran tematik yang sesuai dengan materi pelajaran satu ke materi pelajaran lainnya,hambatan pada pelaksanaan pembelajaran tematik pendidik mengalami kendala yaitu pengelolaan waktu pembelajaran dan metode yang digunakan masih monoton,dan hambatan pada evaluasi pembelajaran pendidik mengalami kesulitan yaitu penilaian karakter siswa yang berbeda-beda dan waktu yang kurang untuk melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik pada dalam kurikulum 2013 di MIN 04 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas I sampai dengan kelas VI. Setting penelitian mengambil tempat di MIN 04 Kepahiang dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Huberman & Miles. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan pada pembelajaran tematik antara lain kesulitan pada perencanaan pembelajaran yaitu menyusun RPP, kemudian hambatan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu kesulitan mengorganisasikan waktu dengan materi pembelajaran, media pembelajaran tematik masih sederhana berupa gambar, dan hambatan pada evaluasi pembelajaran yaitu kesulitan memanfaatkan waktu dalam penilaian. Adapun solusi yang ditempuh untuk mengatasi hambatan pembelajaran tematik pada perencanaan yaitu sharing atau tukar pendapat dengan teman sesama guru, upaya yang dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran mengenai pengelolaan waktu yaitu guru harus lebih disiplin dalam memanfaatkan waktu dan konsisten dengan waktu dan mematangkan materi yang akan diajarkan, kemudian upaya mengatasi hambatan pada penilaian pembelajaran yaitu dengan membuat kerangka pembelajaran yang akan disampaikan, menyiapkan insrtumen penilaian, dan menggunakan waktu pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 04:00 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2734 |
Actions (login required)
View Item |