Yudistira, Uci and Warsah, Idi and Nuzuar, Nuzuar (2020) Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah lama dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran terutama teknologi yang bersifat mempermudah penyampaian materi dalam bentuk media. Penelitian ini berangkat dari prinsip tersebut dan dengan tersedianya teknologi berupa alat tentunya akan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah, namun pada dasarnya prinsip tersebut belum tercapai seutuhnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan dalam menyikapi kendala yang ada dalam penerapan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode dalam penelitian ini dipilih sesuai perumusan masalah yang tujuannya pada fokus penelitian yaitu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Rejang Lebong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Pemanfaatan teknologi di SD Muhammadiyah sudah dilaksanakan sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan namun belum maksimal dan terbatas pemanfaatan pada bentuk media yang tersedia dalam penerapannya hanya menampilkan atau menyajikan media yang sudah jadi, dan untuk pemanfaatan dalam bentuk system e-learning, pemanfaatan komputer dalam mengelola material dan pemanfaatan jaringan internet belum dapat dilaksanakan. Kedua banyak kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan media berbasis komputer di SD adalah usia yang lanjut, keterbatasan biaya, keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah. Ketiga upaya guru dalam menyikapi kendala atau hambatan penerapan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Rejang Lebong yakni, meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi dengan cara belajar mandiri, belajar dengan kelompok kerja guru KKG) dan juga mengikuti pelatihan. Selain itu juga keterbatasan alat komputer di sekolah dapat di atasi dengan membawa laptop sendiri oleh guru, untuk pengemasan materi dalam bentuk slide power point guru di SD Muhammadiyah 1 kerjasama dengan guru yang lain, atau tenaga administratif yang ada disekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:50 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2705 |
Actions (login required)
View Item |