Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Rejang Lebong

Azzohardi, Azzohardi and Amda, Ahmad Dibul and Nurmal, Ifnaldi (2019) Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis full text.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Curup, dalam mata pelajaran PAI (Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis dan SKI). Namun untuk pelajaran fiqih tidak karena peneliti sendiri yang mengampuh pelajaran tersebut. Adapun salah satu alasan awal dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI di MTs Muhammadiyah. Penelitian ini akan difokuskan pada pembelajaran PAI yaitu pelajaran Aqidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun analisis keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan sowball sampling menurut sugiono dalam buku metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang di laksanakan di MTs Muhammadiyah Rejang Lebong. Simpulan secara umum penelitian ini Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah melaksanakan untuk mengatur seluruh proses pembelajaran, terkhusus juga bagi pelajaran PAI yang di dalamnya terdapat pembelajaran Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis, dan Sejarah Kebudayaan Islam. dalam perencanaan tersebut dirumuskan pembahasan tentang rencana-rencana yang terkait dengan administrasi pembelajaran, budaya madrasah, program-program belajar selama masa satu tahun ke depan dan hal ini berlaku bagi seluruh mata pelajaran termasuk mata pelajaran PAI (Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis dan SKI). Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Rejang Lebong telah melaksanakan proses pembelajaran, yang di dalamnya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. evaluasi yang diperoleh peserta didik, guru dapat mengetahui peserta didik di mana yang sudah berhak melanjutkan pelajaran karena sudah berhasil menguasai materi, maupun mengetahui peserta didik yang belum berhasil menguasai materi. Guru MTs Muhammadiyah Rejang Lebong terutama yang mengampu mata pelajaran akidah ahlak, al-qur’an hadis dan SKI semua sudah guru sertifikasi sesuai jurusannya masing-masing dan sudah sering mengikuti diklat atau pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Azzohardi, AzzohardiUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Nurmal, IfnaldiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran, PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:46
Last Modified: 21 Feb 2023 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item