Pransiska, Selvi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini, Wiwin (2020) Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching terhadap Kesiapan Mengajar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Curup Tahun 2019. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
skripsi selvi pransiska.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kesiapan mengajar yang dimiliki mahasiswa Fakultas Tarbiyah T.A 2019/2020 IAIN Curup yang belum optimal. Masih terdapat banyak persoalan mengenai kesiapan mengajar para calon guru yang masih rendah, apalagi permasalahan pembelajaran kita masih dihadapkan pada pola belajar yang mendorong fungsi kognitif saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran microteaching terhadap kesiapan mengajar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Curup tahun 2019. Kesiapan mengajar merupakan suatu kondisi atau keadaan seseorang yang sudah memiliki kemampuan baik dari segi mental, fisik, sosial, maupun emosional serta bisa untuk menjalankan keseluruhan sistem proses belajar mengajar . Pembelajaran micro teaching pada intinya merupakan cara untuk melatih calon pendidik dan pendidik dalam rangka mempersiapkan, mengembangkan, dan meningkatkan keterampilan mengajarnya dalam kelas kecil. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program akademik yang bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan di sekolah dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memilih metode penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan menunjukkan pengaruh antar variabel dengan instrumen penelitiannya berupa angket. Populasi penelitian sebesar 164 orang (N= 164). Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah tabel penentuan jumlah sampel dari sampel tertentu yang dikembangkan dari Isaac dan Michael untuk tingkat kesalahan , 1%, 5%, dan 10%. Dari 164 mahasiswa yang akan diambil sampel sebanyak 105 mahasiswa dengan taraf kesalahn 10%. Analisis data menggunakan pendekatan regresi dan menggunakan program IBM SPSS For Windows. Hasil perhitungan dengan Analisis menghasilkan Pembelajaran Mikroteaching berpengaruh positif secara langsung terhadap Kesiapan Mengajar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebesar 0,604. Selanjutnya besarnya indeks determinasi, pengaruh pembelajaran micro teaching sebesar 36,5% maka 63,5% lagi dipengaruhi oleh faktor lain seperti psikologi, kompetensi, pengalaman, guru pamong, evaluasi, dan peserta didik. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran micro teaching bukan merupakan satu-satunya yang mempengaruhi kesiapan mengajar mahasiswa PPL.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Mikroteaching, Kesiapan Mengajar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |