Alfero, Raga Kova and Azwar, Beni and Rahmaningsih, Sri (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Dalam Pembelajaran Pai di Smpn 01 Ujan Mas. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Raga Kova.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dan lingkungan sekolah yang menjadikan siswa taat beribadah, memiliki akhlak dan sopan santun yang baik, Internalisasi pembelajaran merupakan proses penanaman suatu nilai melalui penghayatan dan pendalaman sehingga membentuk sebuah keyakinan dan kesadaran akan nilai yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku. Pendidikan suatu aspek yang sangat mendasar dalam penyelengaraan kegiatan belajar di sekolah melibatkan guru dan siswa, dengan diwujudkan adanya interaksi belajar atau proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilainilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Ujan Mas ada dua hal yang menjadi fokus penelitian, yaitu Nilai-nilai yang di internalisasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta Proses internalisasi nilai-nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data yang mencakup triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian Nilai-nilai yang di internalisasikan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Ujan Mas berupa nilai religius dan sosial yang dikembangkan seperti iman, taqwa, ikhlas, sabar, jujur dan nilai sosial seperti sopan santun, menghormati guru, terbiasa melaksanakan ibadah, taat pada peraturan. Proses internalisasi nilai-nilai dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Ujan Mas melalui tiga tahap: (a). Tahap transformasi nilai yaitu proses yang dilakukan oleh pendidik dalam menginformasikan nilai yang baik dan kurang baik. Transformasi nilai berupa pemindahan pengetahuan dari pendidik kepada siswa. (b). Tahap transaksi nilai, yaitu tahap pendidikan nilai dengan melakukan komunikasi dua arah, interaksi antara siswa dengan pendidik yang bersifat interaksi timbal balik, menerima dan mengamalkan nilai yang sudah ada bertindak dan berprilaku di hadapan orang yang lebih tua dengan membungkuk atau memberikan salam, hal ini sebagai awal terjadinya pengamalan internalisasi transaksi nilai. (c). Tahap trans-internalisasi, jauh lebih mendalam dari tahap transaksi nilai dimana tahap ini tidak hanya dilalui dengan komunikasi verbal, melainkan sikap mental dan kepribadian berperan secara aktif. Dengan demikian, tujuan melatih siswa untuk memahami nilai sesuai dengan kondisi yang dirasakan dan mengaktualisasikan nilai dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kesempatan untuk membiasakan pengaktualisasian nilai dengan trans-internalisasi diharapkan dapat menyentuh ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Kata Kunci : Internalisasi Nilai-nilai, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2484 |
Actions (login required)
View Item |