Model Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang

Khoiriah, Beta Hana and Harmi, Hendra and Nurjannah, Nurjannah (2020) Model Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi beta hana khoiriah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat menentukan dan berpengaruh terhadap perubahan sosial. Melalui pendidikan diharapkan bisa menghasilkan para generasi penerus yang mempunyai karakter yang kokoh untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Pendidikan Karakter yang digunakan oleh guru di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian deskriptif kualitatif. Yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan (Fied Research). Sejalan dengan tujuan ini, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber Data pada penelitian ini diambil dari Pimpinan Pondok, Dewan Guru di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang yang dapat memberikan informasi yang relevan terhadap penelitian ini. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penemuan ini bahwa hasil dari penelitian ini adalah: 1)Model pendidikan karakter di pondok pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang melaksanakan program pendidikan karakter itu melalui 5 hal meliputi:a.Melaksanakan system pendidikan berbasis Boarding School yaitu dengan 24 jam pengawasan, b. Membiasakan santri untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dalam pondok pesantren, c. Memberikan keteladanan dalam mendidik dimulai dengan keteladanan dari guru terlebih dahulu, d. Pembinaan pendidikan dengan menggunakan penegakan disiplin, dan e. Memberikan reward dan punishment. 2)Nilai-Nilai pendidikan karakter di pondok pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang adalah nilai-nilai religius, mandiri, kesederhanaan, disiplin, keikhlasan, semangat berdedikasi, memiliki ukhuwah islamiyah yang tinggi, peduli sosial, memiliki toleransi dan memiliki rasa tanggung jawab akan tugas. 3)Faktor pendukung dan Faktor penghambat pendidikan karakter di pondok pesantren Miftahul Jannah Kecamatan Selupu Rejang Karakter di tempat tinggal yang kurang baik, dan juga kondisi lingkungan sekitarnya. Maka akan membuat peserta didik akan mempunyai karater yang tidak baik pula. Kesibukan dari orang tua peserta didik dan juga kurangnya dalam hal perhatian terhadap peserta didik. dan juga berbedanya antara keluarga anak dan karakter yang ditanamkan di sekolah. Pengaruh dari media massa seperti internet, televisi yang membawa dampak yang sangat besar sehingga mudah merusak dan mempengaruhi aqiah umat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khoiriah, Beta HanaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:36
Last Modified: 21 Feb 2023 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item