Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Muhammadiyah Curup

Wijaya, Ranum and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Bahri, Syaiful (2020) Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Muhammadiyah Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi Ranum wijaya.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Saat ini pendidikan layaknya investasi yang sangat berharga, oleh sebab itu mutu pendidikan haruslah terus membaik dari waktu ke waktu agar tetap terjaga keutuhannya. Dalam hal ini strategi sangatlah diperlukan oleh kepala Madrasah selaku head leader untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Mutu pendidikan di MA Muhammadiyah masih dikatakan dalam proses pembaharuan dan peningkatan. Dilihat dari aspek sarana dan prasarana seperti ruang belajar, perpustakaan serta media belajar layaknya komputer, dirasa masih butuh penambahan, dilihat dari standar kinerja guru menurut survei awal bisa dikatakan belum mencapai standar maksimal yang diharapkan, karena masih adanya guru yang mengajar tidak linier dengan strata pendidikannya, serta buku-buku berstandar kurikulum 2013 masih sangat terbatas. Jika dilihat dari standar biaya Madrasah Aliyah Muhammadiyah masih terbatas karena sumber dana Madrasah tidak teratur datangnya, serta aspek-aspek lain yang terlibat tidak sekompleks sekolah umum seperti biasanya. Berangkat dari hal tersebut maka dirasa butuh strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, strategi yang mana dimaksudkan agar perjalanan manajemen pendidikan sesuai dan selaran dengan fungsi-fungsi manajemen dalam upaya peningkatan mutu pendidikan itu sendiri. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah desa Kampung Delima Curup Timur. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan kepala madrasah. Data sekundernya diperoleh dari wawancara dengan wakil kepala sekolah, dewan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan cara triagulasi data. Hasil penelitian ini strategi yang dilakukan oleh kepala MA Muhammadiyah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama pada standar kompetensi lulusan yaitu berupaya memenuhi kompetensi dan kualifikasi bagi guru yang masih mengajar bukan pada kompetensinya dengan cara mengikutkan guru-guru tersebut pada pelatihan, workshop, seminar dan kegiatan-kegiatan peningkatan mutu dan kompetensi guru. Kemudian pemenuhan sarana dan prasarana serta pembiayaan pendidikan sebagai penunjang peningkatan mutu pendidikan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, baik itu yayasan Muhammadiyah, instansi terkait maupun Masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wijaya, RanumUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi Kepala Madrasah, Peningkatan Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:32
Last Modified: 21 Feb 2023 08:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item