Kasanah, Nur and Fathurrohman, Irwan and Baryanto, Baryanto (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Studi Kasus di Sdit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Nur kasanah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu berawal dari permasalahan bahwa tidak semua tenaga pendidik memahami kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu, SDIT Khoiru Ummah sendiri menerapkan dua kurikulum. Kurikulum diknas dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu yang di padukan dengan nilai-nilai ajaran Islam di dalamnya, adanya kurikulum terpadu ini siswa tidak hanya mendapatkan ilmu duniawinya saja tetapi ukhrowinya juga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SDIT Khoiru Ummah dan faktor penunjang serta faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif atau jenis penelitian lapangan. Tekhnik penentuan menggunakan (Proposive Sampling) sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDIT Khoiru Ummah dan beberapa guru yang ada di sekolah SDIT Khoiru Ummah tersebut.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data dan penyajian data, serta teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SDIT Khoiru Ummah sudah dijalankan dengan baik, yang meliputi tujuan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu mengkaji lebih mendalam mengenai tentang Sekolah Islam Terpadu, ciri-ciri kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu yang terdiri dari memadukan aspek pendidikan aliyah, ruhiyah, jasadiyah, dan program yang diadopsi dari kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu yang terdiri dari pemberian bimbingan konsling, BPI (Bina Pribadi Islam), monitoring, pembinaan pada guru dan siswa pendampingan saat belajar, dan program pengembagan diri intra dan ekstra, serta penerapan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SDIT Khoiru Ummah dalam pembelajaran di kelas menerapkan ranah konitif, afektif, dan konotatif dilengkapi dengan nilai duniawai dan ukhrowi dalam setiap pelajaran. Kedua, faktor penunjang implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu: dukungan dari dinas pendidikan daerah, kepala sekolah, komite sekolah dan adanya peserta didik. Faktor penghambat kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu yaitu: sarana prasaran dan tenaga pendidik atau sumber daya manusia (SDM). Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kurikulum, JSIT Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:30 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:30 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2348 |
Actions (login required)
View Item |