Kurnia, Neti and Kurniawan, Kurniawan and Putri, Dini Palupi (2019) Penerapan Metode Team Teaching Pada Pelajaran Ipa Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MIN 04 Kepahiang. Diploma thesis, IAIN Curup.
Text
PENERAPAN METODE TEAM TEACHING PADA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan agar siswa menjelajai dan memahami alam sekitar secarah ilmiah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengatahui penerapan metode mengajar beregu (Team Teaching) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MIN 04 Kepahiang. (2) Untuk mengatahui apakah aktivitas belajar siswa kelas 04 MIN Kepahiang pada mata pelajaran IPA dapat meningkat setelah diterapkan metode mengajar beregu (Team Teaching). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research), yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di MIN 04 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rata-rata skor aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan kriteria baik, cukup, kurang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan Hasil observasi guru selama kegiatan pembelajaran, rata-rata aktivitas guru siklus I pada pertemuan I sebesar 26 dengan kriteria “cukup” sedangkan pada pertemuan II aktivitas guru meningkat dengan rata-rata 29,5 dengan kriteria “baik”. Pada siklus II rata-rata aktivitas guru pada pertemuan I sebesar 30 dengan kriteria “baik”, pada pertemuan II rata-rata aktivitas guru sebesar 32,5 dengan kriteria “baik”, pertemuan III rata-rata aktivitas guru sebesar 32,5 dengan kriteria “baik”, sedangkan pada pertemuan IV meningkat menjadi rata-rata 36 dengan kriteria “baik”. (2) Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menerapkan metode Mengajar Beregu (Team Teaching), disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya. Peningkatan Ini terlihat dari siklus I pada pertemuan I rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 18 dengan kriteria “Cukup” dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan II yaitu 21 dengan kriteria “Baik”. Siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata aktivitas siswa siklus II pertemuan I dan pertemuan II yaitu sebesar 22 dengan kriteria “Baik”, serta pada pertemuan III dan pertemuan IV yaitu sebesar 23 dengan kriteria “Baik”.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelejaran Beregu (Team Teching); Aktivitas Siswa | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2019 12:20 | ||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2019 12:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |