Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Seni Kaligrafi Di Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang

Tresia, Peti and Arcanita, Rafia and Taqiyuddin, M. (2018) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Seni Kaligrafi Di Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI SENI KALIGRAFI DI PONDOK P.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menuliskan kaligrafi secara tidak langsung murid harus membaca dan menulis huruf – huruf hijayah dengan benar,maka oleh karena itu pembelajaran kaligrafi bermanfaat dalam meningkatkan BTA. Pada proses pembelajaran kaligrafi di sekolah ini khususnya dikelas VIII murid banyak mengalami kesulitan dalam menulis dikarenakan memasuki jenjang menulisan kaligrafi dengan berbagai macam bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau 1) Upaya Guru dalam meningkatkan baca tulis Al- qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang. 2) Mengetahui tanggapan murid terhadap kegiatan kaligrafi sebagai Upaya Guru dalam meningkatkan baca tulis Qur’an. 3) Mengetahui faktor – faktor penghambat dalam Upaya Guru meningkatkan baca tulis Qur’an terhadap kegiatan belajar kaligrafi. Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: Guru dalam menerapkan Baca Tulis Al-qur’an dan santri artau siswa. Teknik pengumpul data yang diperlukan ialah wawancara observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Upaya Guru dalam meningkatkan baca tulis Al- qur’an seperti santri lebih mengedepankan praktek pembelajaran secara langsung,serta memberikan tugas – tugas praktek menulis kaligrafi sesuai dengan kaidah huruf – huruf Al-qur’an, mencari alternatif cara yang sifatnya umum ataupun konvensional. Ustad secara rutin melaporkan hasil rancangan pembelajaran, setiap awal semester, menunjukkan sikap mempunyai motivasi dan minat terhadap pembelajaran Al-Qur’an. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang tilawah. 2) Tanggapan santri terhadap kegiatan pembelajaran kaligrafi sebagai Upaya Ustad dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al – Qur’an yaitu Guru atau ustadz mempersiapkan materi sebelum masuk kelas, guru selalu mengganti pokok pembahasan dan tentunya ada evaluasi. Penyampaian materi kaligrafi di saat proses pembelajaran sangatlah menarik, karena selain menulis huruf Arab juga dapat mempelajari cara baca Al-Qur’an, mata pelajaran kaligrafi sangat kurang di lakukan dalam artian hanya terkadang saja. 3) Faktor Penghambat dalam Upaya Ustad meningkatkan Baca Tulis Al-qur’an terhadap Kegiatan pembelajaran Kaligrafi. Misalnya Santri tidak berikan kitab sebagai pedoman belajar atau sumber belajar, kebisingan dalam kelas ataupun di luar kelas. Dan keterbatasan waktu terkadang membuat berkurangnya keefektifan proses pembelajaran, karena waktunya yang terlalu singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Tresia, PetiUNSPECIFIED
Arcanita, RafiaUNSPECIFIED
Taqiyuddin, M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-quran ; Kaligrafi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item