Evaluasi Penerapan Metode Mind Mapping dalam Mengembangkan Kemampuan Mencatat Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Lebong

Pitria, Pitria and Kurniawan, Kurniawan and Karolina, Asri (2021) Evaluasi Penerapan Metode Mind Mapping dalam Mengembangkan Kemampuan Mencatat Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi pitria.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya permasalahan siswa kesulitan dalam mengungkapkan ide dan imajinasinya dalam bentuk catatan, catatan siswa tidak efktif,sehingga membuat siswa kurang berminat dan termotivasi dalam mencatat pada proses pembelajaran. Sehingga guru menerapkan metode Mind Mapping sebagai solusinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping yang dilakukan guru, dan kemampuan mencatat kreatif siswa setelah penerapan metode Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriftif dengan menganalisis data hasil penelitian yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung atau terjadi dan menganalisis datanya dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan menganalisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dengan menggunakan metode Mind Mapping yang guru lakukan sudah sesuai dengan teori, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menjelaskan materi dengan metode Mind Mapping yang dimulai dari tengah papan tulis sebagai ide senral dan dilanjutkan dengan cabang utama sampai kepada cabang yang terkecil dengan menggunakan garis melengkung yang menyebar kesegala arah, siswa mencatat yang guru buat, jelaskan, guru memberi kesempatan bertanya, guru mengelompokkan siswa, memberi kertas kosong dan materi berbeda-beda setiap kelompok, siswa berdiskusi membuat catatan dengan bekerjasama dan berdiskusi menuangkan kreatifitas ide, imajinasi mereka kedalam catatan, presentasi, guru memberi saran dan penguatan, menyimpulkan pembelajaran, pemberian evalusi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa sudah terampil mencatat kreatif dengan cara merekam,mengingat, dan memahami pola-pola pencatatan dengan konsep-konsep materi yang disampaikan dengan menggunakan gambar, warna, garis, kata kunci sehingga membentuk asosiasi dikepala yang dapat memaksimalkan cara kerja otak kanan dan otak kiri sehingga menghasilkan catatan yang kreatif. Nilai siswa sudah mencapai KKM bahkan banyak yang diatas KKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pitria, PitriaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Penerapan, Metode Mind Mapping, Mencatat Kreatif siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:26
Last Modified: 21 Feb 2023 08:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item