Asmarita, Nopa and Kusen, Kusen and Daheri, Mirzon (2022) Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13 dan Implementasi Pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Nopa Asmarita.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Solusi yang tidak terlepas dari al-Qur’an sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai universal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam al- Qur’an surah Al-Hujurat ayat 11-13. 2). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13. 3). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam al-qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 di era revolusi industri 4.0. Penelitian yang penulis gunakan dilihat dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian di mana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber kepustakaan. Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini, penyusun menggunakan pendekatan kajian Tafsir Al-misbah. Metode ini penulis gunakan untuk manganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama, yang kemudian penyusun kaitkan dengan paparan mengenai pendidikan multikultural. Sehingga dapat ditemukan titik temu, bahwa al-Qur’an pun telah menjelaskan nilai-nilai multikultural yang terkristal di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang berbasis keanekaragaman. Perbedaan suku, ras, agama, sampai kepada perbedaan kelas ekonomi dan sosial, semuanya berhak mendapatkan hak-haknya sebagai manusia, makhluk. Allah paling sempurna. Semuanya berhak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang sama. Karena al-Qur’an telah menjelaskan bahwa hanya orang-orang bertakwalah yang paling mulia di sisi-Nya. Allah senantiasa memerintahkan untuk selalu menghimpun persatuan, karena semua manusia merupakan saudara, oleh sebab itu manusia dilarang untuk melakukan hal- hal buru yang mengakibatkan perpecahan dan penrapannya pada pendidikan di era revolusi industry 4.0 ini adalah dengan sesama menghargai satu sama lain. Kata kunci : Nilai-Nilai, Multikultural, Q.S Al-Hujurat: 11-13, Revolusi industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:25 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2214 |
Actions (login required)
View Item |