Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Bunayya Islamic School

Shara, Dewi and Karolina, Asri and Daheri, Mirzon (2022) Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Bunayya Islamic School. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Dewi Shara.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari pendekatan saintifik yang diterapkan belum secara maksimal dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran kurang mengajak peserta didik untuk mengamati permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan saintifik terhadap mata pelajaran fiqih pada siswa di MTs Bunayya Islamic School. Kedua, untuk mengetahui minat belajar terhadap mata pelajaran fiqih pada siswa di MTs Bunayya Islamic School. Ketiga, Untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa di MTs Bunayya Islamic School. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Jumlah sampel yaitu 60 orang kelas VII dan VIII di Mts Bunayya Islamic School. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqih sesuai dengan angket yang diisi oleh siswa memperoleh rata-rata 79,17 yang berarti dalam kategori cukup . Kedua, minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan nilai rata-rata 79,31 dalam kategori cukup. Ketiga, terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa di Mts Bunayya Islamic School. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial (Regresi linier sederhana) dinyatakan bahwa T hitung (7,712) > T tabel (2,001) jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik (Variabel X) berpengaruh terhadap minat belajar siswa (Variabel Y) di Mts Bunayya Islamic School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Shara, DewiUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Daheri, MirzonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:25
Last Modified: 21 Feb 2023 08:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item