Penanaman Pemahaman Nilai-Nilai Spiritual Ekologi Pada Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang

Mustajadah, Nafaisul and Azwar, Beni and Putrajaya, Guntur (2022) Penanaman Pemahaman Nilai-Nilai Spiritual Ekologi Pada Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Nafa Nafaisul Mustajada.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Pertama, mengetahui perilaku ramah lingkungan siswa kelas VII di MTsN 01 Kepahiang.Kedua mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap Ekologi Spiritual.ketiga,Untuk mengetahui faktor-faktor baik penghambat maupun pendukung dalam penanaman nilai spiritual ekologi pada siswa kelas VII MTsN 01 Kepahiang. Adapun untuk pertanyaan penelitian pada penelitian ini yaitu Pertama, bagaimana perilaku ramah lingkungan siswa kelas VII di MTsN 01 Kepahiang.Kedua bagaimana tingkat pemahaman siswa terhadap Ekologi Spiritual.ketiga, mengetahui apa saja faktor-faktor baik penghambat maupun pendukung dalam penanaman nilai spiritual ekologi pada siswa kelas VII MTsN 01 Kepahiang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif,sumber datanya Primer dan Skunder,Metode pengumpulan datanya penelitian ini adalah Observasi,Wawancara,Dokumentasi.Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya teknik analisis datanya mengunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, kemudian uji kredibilitas data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang pertama, Nilai-nilai Spiritual ekologi bahwasanya masih banyak siswa-siswi Kelas VII MTsN 01 Kepahiang akan istilah itu,namun jika bahasanya disederhanakan dan di berikan pemaparan mereka mengerti.Yang Kedua, Perilaku ramah lingkungan siswa-siswi MTsN 01 Kepahiang Sudah ada yang berperilaku ramah lingkungan namun juga banyak yang belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.sikap abai pada siswa membuat lingkungan MTsN 01 Kepahiang menjadi tidak asri,terkhusnya lingkungan kelas mereka.yang ketiga,faktor pendukung dan penghambat Faktor pendukung Menanamkan perduli ramah lingkungan siswa MTsN 01 Kepahiang,Faktor pendukung yaitu adanya kerjasama yang baik antar guru dan sifat MTsN 01 Kepahiang dalam mendidik,dan memupuk kedisiplinan dan sifat perduli ramah lingkungan siswa-siswi MTsN 01 Kepahiang dan pra sarana yang mendukung.Kemudian Faktor penghambat Dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan siswa-siswi MTsN 01 Kepahiang adalah Masih kurangnya kesadaraan siswa dalam menjaga lingkungan. Kata Kunci: Spiritual Ekologi, Perilaku ramah lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mustajadah, NafaisulUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item