Anggraini, : Nadia and Wanto, Deri and Siswanto, Siswanto (2022) Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Pada Siswa Madrasah Aliyah Baitul Makmur). Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Nadia Anggraini (2).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam membaca Alqur’an merupakan suatu hal yang sering kali ditemukan di masa sekarang. Kesulitan yang dialami oleh siswa di MA Baitul Makmur diantaranya, kesulitan menerapkan ilmu tajwid ketika membaca Alqur’an, sulit melafadzkan huruf-huruf hijaiyah yang penyebutannya hampir sama serta sulit memahami panjang pendek dalam bacaan Alqur’an. Dalam hal ini guru Alqur’an Hadits menangani langsung siswa yang sulit membaca Alqur’an dengan mengajarkan langsung bacaan Alqur’an pada siswa, pengajaran tersebut dilakukan setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pengajaran belajar membaca Alqur’an pada MA Baitul Makmur, apa saja upaya guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Alqur’an pada siswa MA Baitul Makmur, dan untuk mengetahui faktor penghambat guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi sekulitan membaca Alqur’an pada siswa MA Baitul Makmur. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, program pengajaran Alqur’an pada MA Baitul Makmur meliputi: kegiatan rutin membaca Alqur’an setiap pagi sebelum kegiatan belajar di kelas, upaya guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Alqur’an pada siswa MA Baitul Makmur, meliputi: menggunakan metode yang berpariasi (iqra’, tilawati dan yanbu’), memberikan apresiasi terhadap siswa, Memberikan tugas hafalan dan menulis ayat Alqur’an atau Hadits. Faktor penghambat guru Alqur’an hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Alqur’an pada siswa MA Baitul Makmur, meliputi dua faktor: Faktor internal berupa kurangnya minat dan motivasi dalam belajar, rendahnya intelektual anak ketika memahami bacaan Alqur’an, Faktor eksternal berupa faktor lingkungan masyarakat (teman-teman sebaya), faktor lingkungan sekolah, dan faktor orang tua yang kurang memberikan perhatian terhadap anak yang belum lancar membaca Alqur’an. kata kunci: Upaya guru Alqur’an Hadits dan kesulitan membaca Alqur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |