Nilai-nilai Pendidikan Profetik Dalam Al-qur’an Surat Al-ahzab Ayat 21 (studi tafsir tahlili)

Sendhy, Avel Claricia and Warsah, Idi and Siswanto, Siswanto (2019) Nilai-nilai Pendidikan Profetik Dalam Al-qur’an Surat Al-ahzab Ayat 21 (studi tafsir tahlili). Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM AL-QUR'AN AL-AHZA AYAT 21 (Studi Tafsir Tahlili).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilandasi adanya kemerosotan Etika dan Moral serta Pendidikan yang sudah mengalami Distrosi pada diri manusia sedangkan manusia sendiri merupakan peran penting dalam kemajuan di dunia Pendidikan. Maka dengan ini untuk mencegah kemerosotan tersebut pendidikan mempunyai misi Profetik yaitu memanusiakan manusia sehingga Pendidikan tidak kehilangan peran sentral misi Profetik yaitu menanamkan Al-Qur‟an dan Sunnah yang bertujuan untuk menjadikan manusia yang Bertaqwa. Berawal dari inilah penulis tertarik untuk mengkaji secara lebih mendalam Nilai-nilai Pendidikan Profetik yang terkandung dalam Al-Qur‟an surat Al-Ahzab ayat 21 dan penulis berharap dapat mencapai tujuan yaitu untuk mengetahui Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Qur‟an surat Al-Ahzab ayat 21 dan kaitannya dengan Pendidikan dan memberi pengetahuan yang baru tentang Nilai-Nilai pendidikan profetik serta menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) sumber data primernya yaitu kajian tafsir M. Quraish shihab, al-maraghi, fizilalilqur‟an dan al-azhar, sedangkan sumber data sekundernya buku-buku yang relevan. seperti buku-buku tentang pendidikan profetik, shahih bukhori muslim dan buku-buku tentang pendidikan Islam serta jurnal-jurnal dan artikel tertentu. Serta menggunakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content isi). Analisis ini merupakan metodologi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau literature. Simpulan penelitian ini yaitu: Jadi dapat disimpulkan bahwasannya Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Al-Qur‟an surah Al-Ahzab ayat 21 adalah segala sesuatu sifat dan tingka laku yang ada pada diri Rasulullah SAW merupakan Pendidikan baik dilihat dari sosok kepemimpinan Rasulullah dalam berperang, memimpin umatnya, baik sosok beliau sebagai Pendidik atau Guru bagi umatnya, dari segi berdagang, pengembala, bahkan seorang panglima perang sekalipun beliau menjadi contoh pendidikan yang sangat baik bagi golongan pengikutnya. Ditambah dengan empat sifat yang ada pada beliau yakni sidiq, tablig, amanah, fatonah. Menjadikan beliau tokoh pendidik utama kaum muslim dan muslimah bahkan bagi seluruh manusia Karena empat sifat yang ada tersebut merupakan kompetensi pendidik yang harus dimiliki dalam pendidikan profetik. Relevansinya nilai-nilai pendidikan profetik dalam Al-Qur‟an surat Al-Ahzab ayat 21 masih diajarkan dalam materi pendidikan Islam dilembaga pendidikan formal yakni di SMP dan SMA dengan menggunakan konteks ayat yang berbeda dalam menguatkan materi tersebut. Dengan demikian dapat memberi ilmu pengetahuan yang baru serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Sendhy, Avel ClariciaUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profetik; Tafsir Tahlili; Materi Pendidikan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:19
Last Modified: 19 Oct 2019 12:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item