Konsep Pendidikan Islam Abuddin Nata dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013

Lestari, Winda Ayu and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Putri, Dini Palupi (2021) Konsep Pendidikan Islam Abuddin Nata dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
WINDA AYU.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada saat ini menerapkan kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya masih jauh dari yang diharapkan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis karakter dan kompetensi. Pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis karakter masih jauh dari yang diharapkan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu di antaranya pelaksanaan kurikulum 2013 yang tidak serentak antara sekolah yang di bawah naungan Kemendikbud dengan Madrasah yang dinaungi Kemenag. Kemudian terdapat pemahaman multitafsir dalam penerapannya. Berdasarkan persoalan tersebut dibutuhkan suatu konsep pendidikan Islam yang mampu menyesuaikan dengan keadaan zaman yang membantu dalam meminimalisir persoalan yang ada karena pada dasarnya pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan tentang pengetahuan duniawi melainkan juga pendidikan akhlak. Abuddin Nata merupakan tokoh pendidikan Islam modern yang banyak sumbangsinya bagi pendidikan Islam, dan pemikirannya layak dikaji. Dengan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui relevansi antara konsep pendidikan Islam Abuddin Nata dengan Kurikulum 2013.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), yang mana mengkaji mengenai pemikiran tokoh yang sumber datanya diperoleh dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka melalui buku dan jurnal maupun bentuk lainnya yang relevan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Sehingga diperoleh hasil bahwa konsep pendidikan Islam menurut Abuddin Nata pada dasarnya yaitu upaya membimbing, mengarahkan, dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Konsep pendidikan Islam Abuddin Nata relevan dengan kurikulum 2013 yang mana Kurikulum 2013 serta pendidikan Islam Abuddin Nata menekankan pada pendidikan karakter dan pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai khalifah di muka bumi yang mampu menjawab berbagai tantangan era global.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Winda AyuUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Abuddin Abuddin Nata, Relevansi Kurikulum 2013
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:02
Last Modified: 21 Feb 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item