Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022

Selviana, Meika and Botifar, Maria and Septiana, Anisya (2022) Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Meika Selviana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran (role playing) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini permasalahan dalam keterampilan berbicara disebabkan oleh proses pembelajaran lebih banyak menekankan teori daripada mengutamakan keterampilan berbahasa, serta kurangnya penguasaan kosakata peserta didik dalam mengungkapkan pendapat. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Desain penelitian yang digunakan adalah desain the one group posttest only design (satu kelompok postes) kelas VII D. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berbicara pada materi teks cerita fantasi, dan nilai tersebut dijadikan sebagai nilai postes, untuk diperhitungkan secara statistik, melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji T satu sampel. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) efektif pada keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji normalitas secara manual serta hasil perhitungan secara SPSS dan uji T satu sampel. Keefektifan metode bermain peran (role playing) tidak luput dari faktor yang melatarbelakanginya yaitu sebagai berikut: proses pembelajarannya melibatkan seluruh peserta didik untuk berpatisipasi, mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerja sama, peserta didik juga dapat belajar menggunakan bahasa dengan baik dan benar, peserta didik bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh. Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing), Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Selviana, MeikaUNSPECIFIED
Botifar, MariaUNSPECIFIED
Septiana, AnisyaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:01
Last Modified: 21 Feb 2023 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item