Analisis Kompetensi Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rejang Lebong

Novrian, Agri and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2018) Analisis Kompetensi Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
AGRI NOVRIAN 14591042 (Analisis Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah N 2 RL).pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun permasalahan penelitian ini mengenai kompetensi guru, dikarenakan kompetensi guru belum terlihat jelas dan masih banyak guru-guru yang belum menerapkan kompetensi guru dengan baik. Contohnya, guru tidak menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan baik saat akan melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru kurang mengusai dan mendalami materi pembelajaran, guru sering datang terlambat sehingga siswa menjadi terbangkalai, kurangnya komunikasi guru dan wali murid dibuktikannya dengan tidak ada buku konsultasi antara wali kelas dan wali murid, sehingga peneliti tertarik meneliti dengan judul (Analisis Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rejang Lebong). Dengan tujuan Untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rejang Lebong, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MIN 2 Rejang Lebong, dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kompetensi keguruannya . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi yaitu pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan langsung terhadap suatu objek, wawancara yaitu mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan secara lisan kepada sumber data, dan dokumentasi yaitu adalah kumpulan data mengenai hal-hal yang berbentuk catatan, transkrip, agenda dan sebagainya. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Setelah data terkumpul maka penulis mengelola data dengan cara triangulasi. Dari hasil pengelolaan data dan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru di MIN 2 Rejang Lebong dikategorikan sudah baik. Karena guru telah menunjukan setiap indikator dari kompetensi guru. Baik kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, maupun kompetensi profesional. Adapun upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatan kompetensi gurunya adalah dengan mengikut sertakan guru dalam kegiatan KKG dan MGMP, mengikutsertakan guru dalam seminar pendidikan, mengadakan supervisi, dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan keguruan. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan aktif emngikuti kegiatan KKG dan MGMP, aktif mengikuti pelatihan Krguruam, membiasakan diri bersikap sosial, dan aktif mengikuti seminar tentang kependidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Novrian, AgriUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:15
Last Modified: 19 Oct 2019 12:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item